Setelah Master Yoda (Frank Oz) tampil di Star Wars Episode 8: The Last Jedi (2017), baru-baru ini dikabarkan bahwa kini, giliran Obi-Wan Kenobi (Ewan McGregor) yang akan tampil di sekuelnya AKA Star Wars Episode 9, 20 Desember 2019 mendatang.

Kabar ini pertama kali dikabarkan oleh The Sun yang menjelaskan bahwa menurut sumber terpercaya mereka, McGregor, kini diam-diam sedang sibuk menjalani proses syuting Star Wars Episode 9 bersama sutradara J.J Abrams (Star Wars Episode 7: The Force Awakens).

Namun sekali lagi perlu diingat bahwa kabar ini masihlah rumor belaka. Detail mengenai kapasitas perannya di film ini saja belum diketahui lagi secara jelas. Tapi kalaupun rumor ini memang benar adanya, selain ini merupakan kabar yang sangat menggembirakan, juga sangatlah masuk akal apabila guru Anakin Skywalker AKA Darth Vader (Hayden Christensen) ini yang ditampilkan sebagai cameo-nya.

Pasalnya, selain kehadirannya bisa memberikan kesan konklusi yang full nan mantap terhadap keseluruhan saga keluarga Skywalker, juga kehadirannya secara logika, memang sangat pas bagi kisah Rey (Daisy Ridley) ke depannya. Spesifiknya disini, Obi-Wan layaknya Yoda dan Luke Skywalker (Mark Hamill), akan bisa membimbing Rey lebih jauh lagi untuk menjadi sosok ksataria Jedi baru yang semestinya.

Lagipula kalau kamu masih ingat, sosok Obi-Wan memang telah tampil (well, sort of) di The Force Awakens kemarin sebagai suara yang membimbing Rey ketika si gadis asal Planet Jakku ini menyentuh lightsaber lama milik Luke di rumah Maz Kanata, Planet Takodana.

Menelisik lebih dalam lagi, toh dengan ditampilkannya Obi-Wan di film ini, hitung-hitung bisa dijadikan “pemanasan” sekaligus “audience test” terhadap rencana produksi film spin-off Obi-Wan Kenobi yang telah dirumorkan beberapa tahun terakhir ini.

Apabila memang nantinya respon audiens super positif, bukan tidak mungkin apabila Disney & Lucas Film akan terus “tancap gas” untuk memproduksi film solo yang telah diidam-idamkan oleh seluruh fanboy selama ini. Nah, bagaimaana nih sekarang pendapat kalian terhadap rumor ini? Apakah kalian juga kepingin menyaksikan cameo Obi-Wan di Star Wars Episode 9 mendatang?