Beberapa anime populer dianggap menyajikan tema cerita atau alur cerita yang terlalu dark yang mana tidak jarang hal ini memunculkan kritik di kalangan fans. Mayoritas anime khususnya yang bergenre shonen umumnya banyak menghadirkan elemen cerita yang menarik dan penuh warna. Tidak jarang juga mereka menghadirkan nuansa komedi yang membuat animenya populer. Namun, tidak sedikit juga anime populer yang dianggap menyajikan cerita atau tema yang terlalu dark. Apa saja?

8Tokyo Ghoul

Anime yang dianggap terlalu dark oleh para fans yang pertama adalah Tokyo Ghoul. Seriesnya sendiri merupakan hasil karya dari Sui Ishida dan pasca kesuksesan manganya kemudian diadaptasi menjadi anime. Tokyo Ghoul mendapat pujian karena plot yang kompleks, karakter yang mendalam, dan tema cerita yang dark. Seriesnya sendiri bercerita tentang dunia di mana manusia hidup berdampingan dengan makhluk misterius yang dikenal sebagai Ghoul.

Para Ghoul tersebut adalah makhluk pemakan daging manusia yang memiliki kekuatan fisik yang luar biasa. Mereka memiliki kemampuan untuk menyamar sebagai manusia dan sering membaur di antara masyarakat manusia untuk memburu mangsanya. Ken Kaneki secara tidak sengaja berubah menjadi setengah ghoul setelah pertemuan yang traumatis dengan seorang Ghoul bernama Rize Kamishiro.

Selain memperlihatkan cerita tentang memakan sesama alias kanibalisme, namun seiring berjalannya waktu justru alur ceritanya dianggap semakin gelap. Kaneki harus berjuang demi bisa mempertahankan eksistensinya di dunia manusia terlepas dari sosoknya yang sudah bukan lagi sepenuhnya manusia. Sehingga, rasanya memang pantas jika target pasarnya sendiri adalah bukan anak-anak.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.