Sutradara adalah sosok yang bertanggung jawab atas pengarahan artistik dan kreatif suatu produksi film, termasuk film layar lebar, televisi, atau produksi lainnya seperti video musik atau iklan. Peran sutradara sangat penting dalam mengarahkan semua aspek produksi, mulai dari pengembangan konsep hingga pengambilan gambar, penyuntingan, dan akhirnya penyajian final kepada penonton. Ada banyak sutradara hebat saat ini di Hollywood. Menariknya, ada beberapa sutradara hebat yang selalu gagal mendapatkan Oscar. Siapa saja? Simak berikut ini!

2David Lynch

Sebelum terjun ke dunia perfilman, David Lynch adalah seorang seniman visual. Dia belajar melukis di Pennsylvania Academy of Fine Arts sebelum pindah ke Institut Seni Amerika di Philadelphia. Film pertama Lynch adalah “Eraserhead” (1977), yang sangat ikonik di kalangan penggemar film independen. Film ini merupakan karya eksperimental yang menggabungkan elemen horor, fantasi, dan surrealisme.

Salah satu karya terkenal Lynch adalah series “Twin Peaks” yang pertama kali ditayangkan pada tahun 1990. Series ini mendapat pujian dan popularitas besar karena gaya naratifnya yang inovatif dan misterius. Selain itu film “Mulholland Drive” (2001) juga menjadi salah satu karya paling ikonik Lynch. Film ini awalnya direncanakan sebagai serial televisi, tetapi kemudian diubah menjadi film setelah pilot episode ditolak.

“Mulholland Drive” dianggap sebagai salah satu film terbaik abad ke-21. Sejauh ini, David Lynch sudah masuk 4 nominasi Oscar. Tetapi sama seperti sutradara lainnya dalam daftar ini, dia selalu gagal mendapatkan Oscar. Meski begitu, dia sudah mengantongi banyak penghargaan bergengsi lainnya termasuk Saturn Award, Bodil Awards, dan masih banyak lagi.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/