Sutradara adalah sosok yang bertanggung jawab atas pengarahan artistik dan kreatif suatu produksi film, termasuk film layar lebar, televisi, atau produksi lainnya seperti video musik atau iklan. Peran sutradara sangat penting dalam mengarahkan semua aspek produksi, mulai dari pengembangan konsep hingga pengambilan gambar, penyuntingan, dan akhirnya penyajian final kepada penonton. Ada banyak sutradara hebat saat ini di Hollywood. Menariknya, ada beberapa sutradara hebat yang selalu gagal mendapatkan Oscar. Siapa saja? Simak berikut ini!

3Ridley Scott

Ridley Scott lahir pada 30 November 1937 di South Shields, County Durham, Inggris. Meskipun lahir di Inggris, dia kemudian menjadi warga negara ganda yaitu Inggris dan Amerika Serikat. Awalnya, Scott memulai karier di industri iklan, di mana dia meraih ketenaran dengan beberapa iklan televisi terkenal. Film pertama Scott adalah “The Duellists” (1977), sebuah film drama sejarah yang dibintangi oleh Keith Carradine dan Harvey Keitel.

Film tersebut mendapat pujian dari para kritikus dan memenangkan Penghargaan Best Debut Film di Festival Film Cannes. Ridley Scott juga dikenal karena beberapa film ikoniknya, termasuk “Alien” (1979), “Blade Runner” (1982), “Gladiator” (2000), “The Martian” (2015), dan “Blade Runner 2049” (2017). Karya-karyanya ini telah mendapatkan banyak penghargaan dan dianggap sebagai film yang ikonik.

Ridley Scott terhitung sudah 4 kali masuk nominasi Oscar. Tetapi tidak satupun dari dari nominasi tersebut yang berhasil membuat Scott memboyong Oscar. Meski begitu, dia masih terus membuat banyak film berkualitas dan sepertinya masih belum akan berhenti dalam waktu dekat.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/