One Piece chapter 1113 akhirnya mulai mengungkapkan pesan dari Vegapunk yang ingin dia sampaikan ke seluruh dunia dan berikut adalah review chapternya. Dalam chapter 1112 kita melihat bagaimana Gorosei semakin brutal menghancurkan pulau Egghead. Di sisi lain, kita juga melihat bagaimana upaya mereka untuk terus menghancurkan siaran yang ada di pulau Egghead. Sayangnya, apa yang Gorosei lakukan tersebut masih belum membuahkan hasil. Lalu, ap yang terjadi selanjutnya? Berikut adalah review One Piece chapter 1113.

3Kesalahan Besar Vegapunk

Review One Piece 1113 selanjutnya adalah kesalahan Vegapunk. Dalam siaran yang Vegapunk lakukan dia mengaku bahwa dia sudah melakukan dua kesalahan besar yang membuat dirinya berpikir jika dia memang pantas untuk tewas. Apa yang kemudian menjadi kesalahan besar Vegapunk tersebut tidak Oda sebutkan dalam ceritanya. Untuk saat ini, para fans hanya bisa menerka-nerka apa yang kemudian menjadi kesalahan dari Vegapunk tersebut.

Namun, ada beberapa kemungkinan terkait dengan hal tersebut. Yang pertama adalah Vegapunk merasa bersalah karena dia sudah bekerja untuk pihak World Government. Seperti yang terungkap dalam kilas baliknya saat berada di Ohara, dia sempat berbincang dengan Dragon. Vegapunk saat itu menolak ajakan Dragon untuk bergabung dengan Pasukan Revolusi karena dia menganggap kelompok tersebut miskin dan tidak bisa memenuhi keinginannya untuk menciptakan berbagai penemuan.

Dan hal ini pun membuat Vegapunk pada pergolakan batin. Dalam hal ini, meskipun kemudian dia mampu untuk menciptakan berbagai macam hal yang dia inginkan, berkat sumber daya yang tanpa batas dari World Government, pada kenyataannya semua penemuan yang dia lakukan justru digunakan untuk melakukan opresi atau serangan terhadap para penduduk biasa.

Misalnya, kita melihat bagaimana Mother Flame menghancurkan kerajaan Lulusia dengan sekejap. Kemudian, kita juga melihat Seraphim jauh lebih kuat dari Shichibukai, terciptanya Pacifista, dan sebagainya. Vegapunk kemungkinan merasa bersalah karena justru apa yang dia ciptakan malah menghadirkan sebuah kepanikan dan rasa takut di tengah masyarakat. Padahal, Vegapunk sendiri bukanlah sosok orang yang seperti itu seperti penjelasan dari Dragon.

Berkaitan dengan Pacifista, kemungkinan kesalahan besar Vegapunk yang kedua adalah bagaimana dia menjadi orang yang menyebabkan Kuma kehilangan nyawanya. Dalam kilas balik Bonney, Dragon yang menyarankan Kuma untuk bertemu dengan Vegapunk. Saat itu, Kuma ingin mencari orang yang bisa menyembuhkan penyakit Blue Sapphire dari Bonney. Sayangnya, Gorosei mengetahui pertemuan itu.

Saturn kemudian memaksa Vegapunk untuk merubah Kuma menjadi cyborg, Sementara, DNA dari Kuma sendiri digunakan untuk menjadi Pacifista. Dan satu hal yang kemudian membuat Vegapunk sedih adalah bagaimana Kuma harus kehilangan ingatannya yang membuat dia lupa akan sosok Bonney. Bahkan, Vegapunk pun harus meminta maaf karena dia tidak bisa melakukan apapun untuk mencegah hal tersebut.

Kemungkinan ketiga adalah bagaimana Vegapunk merasa bahwa hancurnya Ohara merupakan akibat dari tanggung jawabnya. Menurut penuturan Shaka, dia dan professor Clover dan para cendikiawan Ohara merupaka teman sesama ilmuwan. Meskipun begitu, Vegapunk sempat pergi ke Ohara sebelum pulau tersebut hancur akibat Buster Call. Karena, Vegapunk adalah bagian dari World Government dan bagaimana Gorosei bahkan tahu pertemuannya dengan Kuma, rasanya masuk akal jika mereka juga tahu kepergian Vegapunk ke Ohara.

Dengan mengetahui hal tersebut, World Government akhirnya memutuskan untuk menghancurkan pulau tersebut. Apalagi, sebelumnya, mereka sudah menghadirkan aturan untuk tidak boleh melakukan penelitian atau mencari tahu tentang apa yang terjad pada masa lalu. Spekulasi ketiga ini bahkan didukung oleh pernyataan Saint Mars di chapter 1113, yang menyebutkan bahwa siaran yang dia lakukan adalah sebagai bentuk balas dendam atas tewasnya Professor Clover dan hancurnya pulau Ohara.

Kemungkinan kesalahan yang keempat adalah menggali terlalu dalam informasi tentang masa lalu. Seperti disebutkan di atas, World Government menghadirkan aturan siapapun tidak boleh mencari tahu informasi tentang apa yang terjadi pada masa lalu. Namun, Vegapunk kemungkinan adalah pengecualian karena dia bekerja untuk World Government. Dia menciptakan berbagai hal yang ternyata hal tersebut berasal dari masa lalu.

Di awal cerita arc Egghead, Vegapunk sendiri mengakui bahwa dia terlalu dalam mencari tahu tentang masa lalu yang mana hal tersebut membuat World Government marah. Inilah alasannnya mengapa kemudian dia diincar nyawanya oleh mereka. Dan peristiwa yang seharusnya menjadi momen penangkapan Vegapunk berubah memjadi pertempuran besar dengan kemunculan Luffy dan kru Topi Jerami.

Balas Dendam Nico Robin – Ke Halaman 3

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.