Film Rebel Moon Part 2 garapan sutradara Zack Snyder dianggap sebagai salah satu film gagal di tahun 2024 dan berikut beberapa alasannya. Beberapa tahun lalu platform streaming Netflix mengumumkan bahwa mereka menjalin kerja sama dengan Zack Snyder untuk menggarap berbagai proyek film. Diantaranya adalah film Rebel Moon yang terinspirasi dari franchise Star Wars. Film pertamanya sendiri bisa dibilang cukup sukses, namun film keduanya, Rebel Moon Part 2, justru dianggap gagal. Terdapat beberapa kemungkinan alasan mengapa Rebel Moon Part 2 jadi film gagal.

9Star Wars Fatigue

Alasan pertama mengapa Rebel Moon Part 2 jadi film gagal adalah bagaimana para fans saat ini sudah mulai lelah dengan alur cerita fiksi ilmiah seperti Star Wars. Setelah lebih dari satu dekade digempur dengan berbagai film dan series, para fans saat ini sedang merasakan fenomena Superhero Fatigue atau kelelahan film dengan genre superhero. Inilah alasannya berbagai film dan series bergenre superhero mulai kurang laku di pasaran.

Ini juga yang kemudian terjadi dalam franchise Star Wars. Sudah sejak beberapa tahun belakangan film-film Star Wars kurang begitu sukses di pasaran. Mayoritas film Star Wars yang rilis dalam satu dekade terakhir bisa dibilang gagal. Hanya sedikit filmnya yang kemudian berhasil masuk jajaran box office. Kathleen Kennedy bahkan berencana mengurangi jumlah produksi film dari Star Wars untuk mengatasi masalah ini.

Dengan Rebel Moon mengadaptasi konsep yang sama dengan Star Wars, rasanya tidak mengherankan jika kemudian filmnya tidak banyak memunculkan minat para calon penonton. Hal inipun kemudian dibuktikan melalui film Rebel Moon pertama dan Rebel Moon Part 2. Sebagian besar fans saat ini menginginkan sesuatu yang baru untuk gerne fiksi ilmiah yang mana hal ini tidak ada di film Rebel Moon Part 2.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.