Sutradara adalah orang yang bertanggung jawab atas pengarahan dan pelaksanaan sebuah produksi film dan series. Sutradara memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan film atau series. Mereka mengarahkan pemeran, menentukan pengaturan kamera, memilih musik, dan membuat keputusan kreatif lainnya yang memengaruhi hasil akhir produksi. Ada banyak sekali sutradara hebat yang ada saat ini. Tetapi ternyata ada beberapa sutradara hebat yang juga menciptakan film yang dianggap jelek. Siapa saja?

5Ang Lee

Ang Lee dikenal sebagai salah satu sutradara terkemuka di dunia. Karya-karyanya telah meraih banyak penghargaan, termasuk Academy Awards (Oscar), Golden Globe Awards, dan BAFTA Awards. Salah satu ciri khas Ang Lee adalah kemampuannya untuk mengarahkan film dalam berbagai genre. Dia telah sukses mengarahkan film-film bergenre drama, romance, action, sci-fi, dan lainnya.

Ang Lee meraih pengakuan internasional yang besar dengan film-filmnya seperti Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000), yang memenangkan empat Academy Awards, dan Brokeback Mountain (2005), yang meraih tiga Academy Awards. Ang Lee sering kali mencoba teknologi baru dalam pembuatan filmnya. Dia menjadi salah satu sutradara pertama yang menggunakan format digital 3D dalam film-filmnya, seperti Life of Pi (2012) dan Gemini Man (2019).

Dibalik kehebatannya itu, siapa sangka jika ternyata Aang Lee pernah menciptakan salah satu film terburuk di tahun 2003 yaitu film Hulk yang memintangi Eric Bana sebagai pemeran Bruce Banner. Film tersebut memang menampilkan CGI yang cukup buruk di tahun tersebut sehingga mendapat ulasan yang negatif.

Kembali
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/