Beberapa judul film terkenal karena popularitas yang sangat luar biasa di mana membuat film tersebut sering untuk diremake atau dibuat ulang dengan versi yang berbeda. Dalam sejarah industri film Hollywood, remake atau proses pembuatan film dengan versi berbeda dari sebelumnya merupakan hal yang biasa terjadi. Meskipun begitu, yang menarik kemudian adalah ada beberapa judul film yang justru paling sering diremake karena popularitasnya. Apa saja?

9A Star Is Born dan Seven Samurai – 4 Kali

Geeks mungkin mengenal filmĀ A Star is Born sebagai film yang menghadirkan sosok Bradley Cooper dan Lady Gaga sebagai bintang utamanya. Namun, faktanya, itu merupakan versi remake dan ada kurang lebih empat versi yang dibuat ulang dari film yang rilis pertama kali pada 1937. Tiga versi remake – yaitu pada tahun 1954, 1976, dan 2018 – memiliki fokus cerita kepada musik.

Sedangkan, versi orisinal filmnya benar-benar menghadirkan cerita sesuai judulnya yaitu tentang bagaimana seorang bintang dari seni peran lahir dan cerita tragis dari kisah romansa yang dia jalani. Karakter utama di film A Star is Born versi orisinal berkecimpung di dunia akting, bukan di industri musik. Film versi orisinal ini mungkin memang lebih baik dari versi 1976, namun tidak lebih baik dari versi 1954 dan di tahun 2018.

Selain A Star Is Born, film lainnya yang juga diremake sebanyak empat kali adalah Seven Samurai. Ini merupakan salah satu film aksi paling berpengaruh sepanjang masa yang disutradarai oleh Akira Kurosawa. Ceritanya sendiri cukup sederhana, di mana sebuah desa diserang sekelompok bandit. Tujuh orang samurai kemudian bekerja sama untuk melindungi desa tersebut dari serangan bandit. Rilis perdana pada 1954, Seven Samurai kemudian diremake pada 1960, 1980, dan terakhir pada 2016. Yang menarik adalah ada banyak film yang kemudian terinspirasi dengan cerita dari film ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.