Franchise film sering kali dimulai dengan satu film yang sukses secara kualitas dan penjualan, yang kemudian diikuti oleh film-film selanjutnya, baik yang terhubung atau tidak terhubung sama sekali. Ada banyak sekali franchise film yang bermunculan saat ini, apalagi melihat adanya peluang-peluang yang bisa digali dari setiap karakternya. Pihak studio pun tidak ragu untuk menggelontorkan dana yang lebih besar lagi untuk memperluas franchise mereka. Nah menariknya, ada beberapa franchise film dengan total film terbanyak. Apa saja?

10Transformers

Transformers awalnya adalah sebuah lini mainan robot yang dapat berubah bentuk dari robot menjadi kendaraan dan sebaliknya. Hasbro dan Takara Tomy adalah produsen utama dari mainan-mainan Transformers yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984. Kesuksesan mainan Transformers segera diikuti dengan adaptasi ke media lain, termasuk series animasi yang sangat populer.

Series animasi pertamanya berjudul The Transformers, yang tayang perdana pada tahun 1984 dan menjadi sangat populer di kalangan anak-anak di seluruh dunia. Dan setelah itulah, franchise ini berkembang melalui film-filmnya. Terhitung hingga saat ini, ada 7 film Transformers (versi live actionnya) yang sudah dibuat dan dirilis. Film pertamanya dimulai pada tahun 2007 dengan disutradarai oleh Michael Bay.

Sementara itu film terakhirnya dirilis pada tahun 2023 kemarin dengan judul Transformers: Rise of the Beasts. Di film tersebut, Michael Bay tak lagi didapuk sebagai sutradara, dan posisinya digantikan sutradara lain yaitu Steven Caple Jr. Dan tentu saja franchise ini masih akan terus berlanjut, dan belum ada tanda-tanda berakhir dalam waktu dekat.

Kembali
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/