Disadari atau tidak nyatanya ada film populer yang memiliki kemiripan atau jiplak cerita dengan film lainnya terlepas dari apakah itu memang sengaja atau bukan. Menghadirkan sebuah alur cerita film yang menarik tentunya membutuhkan upaya luar biasa. Meskipun banyak sumber yang bisa pembuat cerita film hadirkan, namun ternyata sadar atau tidak ada beberapa film populer yang alur ceritanya mirip dengan film lain. Berikut adalah film populer yang dianggap jiplak cerita film lain.

9Pretty Woman

Bagi Geeks penggemar film, rasanya tidak asing lagi dengan film Prettu Woman yang dibintangi oleh Richard Gere dan Julia roberts. Filmnya sendiri bercerita tentang seorang pria kaya yang merupakan pengusaha. Suatu hari, dia menyewa jasa panggilan wanita untuk berkenca dan inilah momen pertemuannya dengan sosok Vivian. Namun, yang terjadi justru mereka mengalami banyak hal menarik.

Sang pengusaha justru memberikan pelajaran berharga bagi Vivian, mulai dari tata krama, bersosialisasi dengan orang lain, dan sebagainya. Hal ini pun membuat derajat dari Vivian mengalami peningkatan drastis, apalagi mereka berdua jatuh cinta dan akhirnya menjadi pasangan. Vivian benar-benar mengalami metamorfosa dari wanita jalanan menjadi sosok wanita yang memperhatikan semuanya.

Pretty Woman ternyata menghadirkan cerita yang diadaptasi dari film klasik lainnya, yaitu My Fair Lady yang dibintangi oleh Audrey Hepburn. Konsep ceritanya benar-benar mirip di mana seorang wanita bertemu pria kaya, yang kemudian memberikan pelajaran etiket kepada sang wanita. Jika disturbia merupakan versi remaja dari Rear Window, maka Pretty Woman bisa dibilang adalah versi “dewasa” dari My Fair Lady. Karena, dalam film klasik ini sang protagonis wanita tidak bekerja sebagai wanita panggilan melainkan seorang wanita biasa yang terpilih dalam taruhannya. Selain itu, My Fair Lady juga menghadirkan konsep musikal.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.