Kartel adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada sekelompok organisasi kriminal yang bekerja sama untuk mengontrol produksi, distribusi, dan penjualan barang ilegal, seperti narkoba, senjata, atau barang-barang lainnya. Nah menariknya nih Geeks, ada juga beberapa film yang mengangkat cerita tentang kartel, termasuk bagaimana mereka harus berhadapan dengan pesaingnya atau bahkan dengan penegak hukum yang berusaha untuk memerangi mereka. Lantas apa saja film yang menghadirkan cerita tentang perang kartel? Simak berikut ini!

6Clear and Present Danger

Clear and Present Danger didasarkan pada novel karya Tom Clancy dengan judul yang sama. Ini adalah film ketiga yang menampilkan karakter Jack Ryan, setelah The Hunt for Red October (1990) dan Patriot Games (1992). Clear and Present Danger mengikuti cerita Jack Ryan (diperankan oleh Harrison Ford), seorang analis CIA yang menemukan dirinya terjebak dalam konspirasi pemerintah ketika dia diperintahkan untuk memimpin sebuah operasi rahasia di Kolombia.

Ketika Presiden AS menunjuk Jack Ryan untuk menggantikan bos CIA yang baru saja meninggal, James Greer (diperankan oleh James Earl Jones), Ryan menemukan bahwa Amerika Serikat terlibat dalam perang rahasia melawan kartel narkoba Kolombia yang dipimpin oleh Ernesto Escobedo (diperankan oleh Miguel Sandoval). Dalam upaya untuk menutupi jejak pemerintah AS, Jack Ryan dipaksa untuk bertindak sendiri tanpa bantuan resmi.

Dia memimpin operasi rahasia untuk menangkap dan menghentikan kartel narkoba Kolombia, sambil berusaha menghindari penipuan dan pengkhianatan dari dalam pemerintahan sendiri. Film tentang kartel ini disutradarai oleh Phillip Noyce dan dibintangi oleh Harrison Ford, Willem Dafoe, Anne Archer, Joaquim de Almeida, James Earl Jones, dan Benjamin Bratt.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/