Dalam universe Naruto, terdapat beberapa karakter yang dianggap sebagai pengguna teknik Sage Mode terkuat yang pernah ada. Sage Mode merupakan salah satu kemampuan yang dahsyat di mana tidak semua orang bisa menggunakannya. Dalam cerita Naruto ataupun Boruto, kita tentunya banyak mengenal teknik-teknik ninja yang sangat luar biasa. Berbagai teknik tersebut digunakan para Shinobi untuk mengalahkan musuh-musuhnya. Tapi, ada beberapa jurus yang dianggap teknik paling kuat yaitu Sage Mode dan beberapa karakter dianggap sebagai pengguna Sage Mode terkuat di universe Naruto. Siapa saja?

8Jiraiya

Karakter pengguna Sage Mode terkuat di universe Naruto lainnya adalah Jiraiya. Meskipun sebenarnya sempat memunculkan kontroversi di kalangan fans, namun faktanya sosok Jiraiya merupakan pengguna Sage Mode yang tidak sempurna jika membandingkan dengan para karakter lainnya. Bahkan, sebenarnya, Jiraiya tidak akan pernah bisa menguasai Sage Mode.

Meskipun begitu, yang menjadi catatan adalah bukan berarti Jiraiya merupakan sosok yang lemah dengan Sage Mode yang tidak sempurna tersebut. Hanya saja, ketika Jiraiya mengaktifkan Sage Mode ini dia akan mengalami perubahan wujud dari fisiknya. Dia akan memiliki wujud yang mirip seperti katak. Jiraiya juga sulit untuk mempertahankan kekuatannya dan sulit untuk menyerap energi alam.

Dalam praktiknya, untuk bisa tetap menggunakan kekuatan Sage Mode dia butuh bantuan dari dua katak lain. Terlepas dari kelemahan ini, Jiraiya mampu menghadapi berbagai musuh kuat seperti ketika dia berhadapan dengan Nagato/Pain. Dalam pertarungannya, dia berhasil mengalahkan tiga Paths milik Pain dan menculik satu Paths untuk dipelajari. Sayangnya, dia harus terluka parah akibat hal tersebut dan akhirnya harus tewas.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.