Beberpa film bergenre horor mampu menghadirkan sesuatu yang berbeda di mana ceritanya menghadirkan indera manusia sebagai alat cerita. Hampir semua film dengan genre horor sering kali memanfaatkan cerita yang mempermainkan rasa takut dan penasaran dari manusia. Inilah yang kemudian membuat film horor umumnya mengandalkan beberapa hal, salah satunya adalah kejutan atau jumpscare. Namun, yang menarik beberapa film bergenre horor ini mampu memanfaatkan indera manusia sebagai alat cerita. Apa saja contohnya?

7The Silence

Konsep mengandalkan indera pendengaran dan suara juga muncul dalam film The Silence. Rilis di platform Netflix, The Silence merupakan film yang rilis pada 2019 dan disutradarai oleh John R. Leonetti dan dibintangi oleh Stanely Tucci, Kiernan Shipka, Miranda Otto dan John Corbett. The Silence sendiri  sebenarnya memiliki premis yang sama dengan film populer A Quiet Place.

The Silence menghadirkan cerita di mana sebuah keluarga di wilayah Pennsylvania harus bertahan hidup ketika alien muncul dan menghancurkan wilayah mereka. Yang menarik adalah alien yang menghancurkan wilayah tersebut ternyata juga memiliki ketertarikan terhadap suara. Inilah yang kemudian membuat keluarga tersebut harus bertahan hidup dengan melakukan komunikasi tanpa suara.

Geeks tentunya sudah bisa melihat bagaimana film ini memiliki kemiripan dengan film garapan John Krasinki. Di sisi lain, film ini pun bahkan dituduh melakukan penjiplakan dari film A Quiet Place meskipun ada beberapa hal yang baru dan berbeda yang muncul dari filmnya. Inilah yang kemudian membuat The Silence bisa dibilang gagal di pasaran di mana filmnya hanya mendapatkan pemasukan sebesar 2.3 juta Dollar Amerika dari tujuh negara.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.