Salah satu hal yang mungkin muncul di benak para fans pasca apa yang terjadi di Egghead adalah mengapa Luffy tidak mengenal sosok Nika. Dalam cerita One Piece, Nika merupakan sosok legendaris yang sangat dinantikan kemunculannya oleh banyak orang. Bahkan, banyak orang yang sangat memuja sosok Nika. Luffy sendiri diyakini merupakan reinkarnasi dari sosok Nika. Namun, mengapa kemudian tidak kenal Nika?

2Efek Awakening Buah Iblis

Bagaimana kemudian Luffy tidak mengenal sosok Nika ini menarik dan di sisi lain juga cukup masuk akal. Hal ini menarik karena Luffy tidak pernah sadar mengenai potensi besar yang ada dalam tubuhnya tersebut. Baginya, hidup hanyalah tentang kebebasan dan mewujudkan impian yang ada dalam benaknya selama ini. Luffy tidak pernah memikirkan semua hal mengenai asal-usulnya.

Bagaimana Luffy tidak mengenal sosok Nika juga memang masuk akal. Ada dua kemungkinan besar mengapa Luffy tidak mengenal Nika. Yang pertama adalah tidak pernah ada referensi mengenai hal tersebut dalam hidup Luffy. Seperti penjelasan di atas, Nika memang merupakan sosok legendaris yang bersal dari 800 tahun lalu. Banyak pihak yang menantikan kembali kemunculannya. Salah satu contohnya adalah bangsa Buccaneer.

Pertanyaanya apakah semua bangsa atau semua orang juga mengenal Nika? Inilah yang kemudian masih jadi misteri hingga sekarang. Namun, melihat apa yang muncul di ceritanya bisa kita tarik kesimpulan bahwa ada kemungkinan tidak semua mengenal Nika. Berdasarkan hal tersebut, rasanya wajar jika Luffy tidak mengenal sosok Nika. Karena, dalam hidupnya, nama dari Nika tidak pernah muncul atau tidak pernah dia dengar sebelumnya.

Kemungkinan kedua adalah efek awakening dari buah iblis berjenis Zoan. Apa maksudnya? Seperti yang Geeks ketahui, buah iblis tipe Zoan adalah buah iblis yang mampu memberikan kekuatan binatang kepada penggunanya. Buah iblis ini akan memberikan peningkatan kekuatan yang signifikan, terutama kemampuan bertarung dan juga kekuatan fisik. Namun, awakening dari buah iblis berjenis Zoan ini memiliki kelemahan besar.

Dalam booklet Road To Laugh Tale Vol. 3 terdapat informasi yang membahas tentang buah iblis Zoan, termasuk juga apa yang menjadi kelemahannya. Menurut informasinya, awakening dari jenis buah iblis Zoan sangat berbeda dengan awakening dari jenis buah iblis Paramecia. Satu hal yang mencolok dari awakening Zoan adalah perubahan besar dalam tubuh penggunanya.

Pemilik buah iblis Zoan akan mengalami peningkatan yang sangat drastis dalam hal kekuatan, stamina, dan kemampuan fisik lainnya. Namun, yang menjadi kelemahannya adalah awakening tersebut ternyata memengaruhi jiwa atau kepribadian dari penggunanya. Disebutkan bahwa saat tubuh mereka menjadi sangat kuat dan luar biasa, kepribadian mereka justru akan “melemah”.

Artinya dengan kata lain penggunanya akan mengalami kehilangan kesadaran atau mereka akan kehilangan kendali atas tubuh mereka. Juga, mereka akan bertingkah laku berbeda. Inilah kemungkinan jawaban mengapa Luffy mengalami “perubahan” besar membangkitkan buah iblis Nika miliknya. Luffy berubah menjadi sosok yang konyol, penuh tawa, seolah tidak memiliki beban.

Nika Ambil Alih Tubuh Luffy – Ke Halaman 4

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.