Dalam cerita franchise Middle Earth karya J.R.R. Tolkien terdapat beberapa kerajaan besar yang terlibat dalam sejarah dan juga ceritanya. Dalam franchise karya J.R.R. Tolkien seperti The Hobbit, The Silmarillion, The Lord of the Rings bahkan The Rings of Power, ada beberapa kerajaan besar yang muncul dalam sejarah Middle-Earth. Mereka memiliki peranan masing-masing dalam sejarah tersebut. Lalu, apa saja kerajaan besar yang ada di Middle Earth?

8Arnor

Di bagian wilayah utara Middle Earth terdapat sebuah kerajaan kuno, yang dahulunya merupakan bagian dari Dunedain. Para penduduk dari kerajaan tersebut merupakan keturunan dari para penduduk kerajaan Numenor. Wilayah kekuasan kerajan Arnor sendiri sangat luas, mulai dari Eriador terus melebar hingga ke bagian barat Gulf of Lune hingga sungai Greyflood dan Loudwater di bagian timur.

Ibu kota dari kerjaan Arnor sendiri adalah Annúminas yang lokasinya berada di Lake Evendim. Wilayah ini disebut-sebut sebagai pusat dari kebudayaan dan juga kekuatan. Namun, sayangnya, seiring berjalannya waktu semua kedigdayaan dari kerajaan Arnor ini perlahan menghilang. Salah satu penyebabnya adalah terjadinya berbagai perang saudara yang membuat akhirnya wilayah ini semakin mengecil.

Kerajaan tersebut kemudian terbagi menjadi tiga wilayah; Arthedain, Cardolan, dan Rhudaur. Di era Third Age, banyak dari kota-kota besar dan indah, bahkan termasuk ibu kotanya sendiri, harus hancur dan rata dengan tanah. Meskipun begitu, warisan dari kerajaan ini tidak benar-benar hilang. Sosok Aragorn II Elessar, berupaya untuk membangun kembali kerajaan ini dan menyatukan kembali Arnor dan Gondor.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.