Beberapa negara di dunia terkenal menjadi penghasil film terbesar di dunia karena jumlah produksi film mereka yang luar biasa. Industri film menjadi salah satu industri yang tidak pernah redup pamornya. Setiap tahun selalu ada hal baru dan menarik yang muncul dari industri film. Dalam sejarahnya, ada banyak negara yang kemudian terkenal menjadi penghasil film terbesar di dunia dengan jumlah produksi film mereka yang masif. Apa saja?

7Inggris

Inggris menjadi negara Eropa lainnya yang jadi salah satu negara penghasil film terbesar di dunia. Inggris juga menjadi salah satu negara yang sangat berpengaruh dan sangat tua dalam urusan industri film. Bahkan, gambar gerak pertama dalam sejarah diproduksi di Inggris. Dalam beberapa dekade terakhir, industri film Inggris sudah mengalami peningkatan yang cukup signifikan terutama dalam hal pemasukan.

Inggris baru mencapai kesuksesan dalam industri film di tahun 1936 di mana pada masa tersebut berbagai aktor dan judul film populer mulai bermunculan. Dan fenomena tersebut masih terus bermunculan. Mulai dari Emily Blunt, Henry Cavill, Idris Elba, Daniel Radcliffe, dan sebagainya. Franchise film dari Inggris juga bahkan sangat populer di dunia, contohnya adalah James Bond dan juga Harry Potter.

Menurut laporan yang ada, industri film Inggris diketahui berhasil mengantongi 300 juta Poundsterling atau sekitar 382 juta Dollar Amerika pada tahun 2022 kemarin. Angka tersebut jauh lebih besar daripada pemasukan tahun sebelumnya. Inilah yang kemudian membuat Inggris jadi salah satu negara yang bisa jadi pesaing Amerika dengan industri film Hollywoodnya. Dan bukti kesuskesan film Inggris adalah cukup banyaknya aktor dan film Inggris yang meraih penghargaan bergengsi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.