Peran sutradara dalam sebuah film sangatlah penting dan memiliki dampak besar terhadap keseluruhan kualitas dan pengalaman penonton terhadap film tersebut. Sutradara bertanggung jawab untuk menginterpretasikan naskah dan menerjemahkannya ke dalam sebuah gambar bergerak. Sutradara juga memimpin proses kreatif dari awal hingga akhir produksi, termasuk pemilihan lokasi, desain set, kostum, dan pemilihan musik. Karena itulah peran sutradara sangat penting. Menariknya nih Geeks, ada beberapa sutradara yang justru mengakui filmnya jelek. Siapa saja sutradara tersebut? Simak berikut ini!

5David Lynch

David Lynch dikenal atas karyanya yang unik dan eksperimental dalam industri film, terutama untuk film-film seperti Eraserhead (1977), Blue Velvet (1986), “Mulholland Drive (2001), dan series Twin Peaks (1990-1991; 2017). Lynch telah menerima banyak penghargaan dan pengakuan atas karyanya di dunia perfilman, termasuk tiga nominasi Academy Awards untuk Sutradara Terbaik, dan memenangkan Palme d’Or di Festival Film Cannes untuk Wild at Heart (1990).

Nah pada tahun 1984, David Lynch pernah mendapatkan kesempatan untuk menyutradarai film Dune. Meski belum membaca novelnya, tetapi Lynch setuju untuk mengadaptasi kisah Dune ke dalam film, dan lebih memilih proyek tersebut dibandingkan dengan film Star Wars ketiga yaitu Return of the Jedi. Lynch pun segera mulai mengerjakan naskahnya yang diadaptasi dari novel besutan Frank Herbert tersebut, dan menghasilkan lebih dari lima draf naskah.

Namun meski persiapannya memakan waktu lama, hasil akhirnya tidak begitu memuaskan bagi sang sutradara, yang menganggap bahwa film itu jelek. “Ini bukan salah siapa pun kecuali kesalahan saya sendiri. Saya mungkin seharusnya tidak membuat film itu, tetapi saya melihat banyak sekali kemungkinan (dari segi cerita).” Setelah versi Lynch gagal, di tahun 2021, Denis Villeneuve membuat versi remakenya yang sukses besar.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/