Film bertema religi memang jarang sekali muncul. Pasalnya tema ini memang cenderung sensitif, dan akan membuat kontroversi ketika sang pembuat film salah mengartikannya. Film religi adalah karya-karya sinematik yang mengeksplorasi tema-tema agama, keyakinan, spiritualitas, atau cerita-cerita yang berhubungan dengan mitologi atau tradisi agama tertentu. Ada beberapa film religi yang pernah diperkenalkan, tetapi ada beberapa dari film-film tersebut yang dianggap menyimpang. Apa saja film tersebut? Simak berikut ini Geeks!

3The Last Temptation of Christ

The Last Temptation of Christ didasarkan pada novel dengan judul yang sama karya Nikos Kazantzakis, yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1955. Novel ini menyajikan interpretasi yang kontroversial tentang kehidupan Yesus Kristus. Di sini, Willem Dafoe memerankan peran utama sebagai Yesus Kristus. Pemeran lainnya termasuk Harvey Keitel sebagai Yudas Iskariot, Barbara Hershey sebagai Maria Magdalena, dan David Bowie sebagai Pontius Pilatus.

Film ini mengikuti kisah Yesus Kristus dari sudut pandang yang kontroversial. Sebagai seorang nabi yang diberkati oleh Allah, Yesus merasa tertarik pada panggilannya untuk menyelamatkan umat manusia, tetapi juga dihadapkan pada pertarungan batiniah yang kuat. Dia digambarkan sebagai sosok manusia yang mengalami keraguan dan kebingungan, serta tergoda oleh godaan duniawi.

Dalam cerita ini, Yesus mengalami “godaan terakhir,” di mana dia dipertemukan dengan gambaran kehidupan yang berbeda yang akan dia jalani jika dia menolak panggilan ilahi. Meskipun tergoda, Yesus akhirnya memilih untuk menerima takdirnya dan mengorbankan dirinya demi keselamatan manusia. Film ini memang membuat adegan yang menyimpang dari kitab, membuat film ini mendapat kecaman pedas. Bahkan ada bioskop yang dibakar saat menayangkan film ini.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/