Dalam universe Star Wars ternyata ada beberapa karakter yang mampu menggunakan lightsaber meskipun mereka tidak memiliki kekuatan The Force. Sudah jadi rahasia umum jika dalam dunia Star Wars senjata lightsaber erat kaitannya dengan sosok Jedi. Hal ini bahkan muncul sejak film Star Wars, bahkan hingga sekarang. Bukan tanpa alasan memang, karena untuk bisa menggunakan lightsaber butuh kekuatan The Force dan biasanya hanya Sith dan Jedi yang memiliki The Force. Yang menarik ternyata ada karakter yang bisa gunakan lightsaber tanpa The Force. Siapa saja?

5Sabine Wren

Karakter Star Wars yang bisa gunakan lightsaber tanpa kekuatan The Force selanjutnya adalah Sabine Wren. Geeks tentunya sudah tidak asing dengan nama karakter ini. Sabine Wren adalah salah satu Mandalorian paling unik dalam cerita Star Wars. Ketika banyak Mandalorian yang merahasiakan identitas pribadinya dari orang-orang, Sabine Waren justru melakukan hal kebalikannya.

Dia malah mengungkapkan identitasnya ke publik. Karakternya sendiri pertama kali muncul dalam cerita series Star Wars: Rebels, di mana awalnya Sabine Waren hanyalah seorang pejuang muda yang pada akhirnya menjadi pemimpin diantara rakyatnya. Dalam seriesnya, Wren banyak belajar dari para Jedi. Contohnya adalah Ahsoka Tano, yang mana membuat Sabine sekarang menjadi sosok Force-Sensitive.

Namun, jauh sebelumnya, Sabine Wren mendapatkan pelajaran dasar menggunakan light saber dari Kanan Jarus. Saat itu, dia hanya belajar tentang teknik bertarung dan bertahan tanpa mempelajari bagaimana menggunakan The Force. Semenjak saat itu, Sabine Wren sebenarnya lebih banyak belajar tentang teknik “berpedang” di mana dia banyak duel dengan menggunakan lightsaber tanpa The Force. Dia bahkan pernah menggunakan Darksaber dan cukup mahir dalam menguasainya. Barulah ketika dia menjadi murid Ahsoka Tano sang Jedi mulai memberikan pelajaran tentang The Force.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.