Para pengendali api di Avatar: The Last Airbender memang sangat ditakuti. Bagaimana tidak? Mereka berasal dari Negara Api yang dianggap sebagai penjahat. Pasalnya, mereka selalu menginvasi Negara-negara lainnya untuk memperluas wilayahnya. Karena itulah seorang pengendali api terkenal dengan image “jahat”. Tetapi sebenarnya nih Geeks, tidak semua pengendali api jahat. Ternyata, ada beberapa dari mereka yang menyadari bahwa apa yang dilakukan Negara Api adalah kejahatan, dan para parakter ini justru mengkhianati Negara Api dan berbalik melawan mereka. Siapa saja pengendali api yang berkhianat di The Last Airbender?

3Ozai

Ozai adalah Raja Negara Api. Dia ayah dari Pangeran Zuko dan Putri Azula, serta saudara laki-laki dari Iroh. Ozai memang tergila-gila akan kekuasaan, di mana dia sangat menginginkan dominasi penuh atas dunia. Dia berambisi untuk menghancurkan bangsa lain dan memperluas kekuasaan Negara Api secara total. Yap, Ozai menjadi otak di balik perang yang menghancurkan antara Negara Api dan bangsa lainnya.

Ozai juga digambarkan sebagai penguasa yang kejam dan tidak berbelas kasih. Dia bersikeras pada idenya, bahkan jika itu berarti menggunakan metode kejam untuk mencapai tujuannya. Ozai bahkan tega menghabisi ayah kandungnya sendiri, Azulon, menggunakan racun, agar takhta dari kerajaan api jatuh kepadanya, bukan kepada Iroh. Ozai jugalah yang menjadi penyebab dari luka di wajah Zuko, yang sekarang menjadi ciri khasnya.

Ozai adalah pengendali api yang sangat kuat dan menguasai berbagai teknik pengendalian api tingkat tinggi. Dia menggunakan kemampuannya untuk menciptakan serangan mematikan dan merusak. Dalam pertarungan akhir dengan Aang, Aang memutuskan untuk menghilangkan kemampuan pengendalian api Ozai, sebagai bagian dari keputusan moral Aang untuk tidak membunuhnya. Ozai kemudian dipenjara sebagai tahanan perang.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/