Para Gorosei kemungkinan memiliki kekuatan dahsyat yang jadi sumber kekuatan mereka dan sumber kekuatan tersebut bukan buah iblis atau Haki. Setelah menjadi pertanyaan bagi para fans, akhirnya terungkap jika para Gorosei merupakan sosok yang mengerikan berkat kekuatan dahsyat mereka. Bahkan, berkat kekuatan ini juga yang membuat mereka bisa berkuasa. Mayoritas fans tentunya berpikir jika susmber kekuatan Gorosei tersebut adalah Haki atau kekuatan buah iblis. Namun, ada teori menarik yang memberikan opsi lain.

2Sihir Sumber Kekuatan Gorosei

Geeks tentunyaa bertanya-tanya apa yang kemudian jadi sumber kekuatan dari para Gorosei jika memang mereka tidak menggunakan Haki ataupun buah iblis. Terdapat sebuat teori menarik yang menyebutkan jika kemungkinan sumber kekuatan dari para Gorosei tersebut adalah kekuatan sihir. Salah satu yang paling mencolok dari kekuatan buah iblis Gorosei adalah portal yang mereka gunakan untuk muncul.

Portal yang para Gorosei gunakan untuk muncul ke permukaan memiliki bentuk lingkaran dengan simbol berupa bintang atau pentagram dan terdapat angka 5 di sekitarnya. Simbol pemanggil Saturn yang mirip dengan simbol pentagram ini memiliki ukuran yang besar dan dikelilingi oleh api hitam yang sangat mengerikan. Aura Haki yang sangat kuat juga muncul berkat ritual penanda kemunculan dari Gorosei Saturn tersebut.

Berbicara mengenai simbol pentagram yang jadi cara untuk memunculkan atau memanggil Gorosei Saturn mirip dengan ritual gelap yang biasanya dihadikan dalam berbagai cerita atau bisa juga berkaitan dengan Satanisme dalam dunia nyata. Biasanya, simbol pentagram tersebut menjadi cara untuk melakukan ritual pemanggilan roh atau arwah bahkan setan itu sendiri.

Dan hal ini juga yang kemudian jadi salah satu petunjuk jika sumber kekuatan dari para Gorosei adalah kekuatan sihir. Selain simbol Sigil of Baphomet atau yang biasa dikenal dengan Pentagram, yang juga bisa jadi petunjuk dari hal ini adalah aura dan awan hitam yang menyelimuti tubuh Saturn. Wajarnya, mereka yang sudah membangkitkan buah iblis Zoan akan memiliki awan di sekitar tubuh mereka.

Diyakini bahwa warna awan yang mengelilingi tubuh tersebut selain menjadi penanda dari karakternya – yaitu putih adalah baik dan hitam adalah jahat – kemungkinan warna hitam tersebut ada kaitannya dengan kekuatan sihir. Simbol dari para iblis atau setan sepertinya memang sengaja dikaitkan dengan pihak World Government yang mana menjadi gambaran juga dari berbagai hal kejam dan mengerikan yang mereka lakukan.

Contohnya adalah bagaimana World Government mempertahankan perbudakan, rasisme, kesewenang-wenangan, dan bahkan tega menghabisi nyawa orang lain demi menutupi rahasia mereka. Jadi, apa maksud semuanya? Simpelnya, pihak World Governmet kemungkinan menggunakan kekuataan sihir, dalam hal ini adalah sihir hitam, untuk meningkatkan kemampuan dan kekuatan mereka.

Sebenarnya, ide tentang sihir hitam atau keberadaan sihir hitam di dunia One Piece bukan hal yang baru. Jika kita melihat ke chapter 524 terdapat sebuah kelompok pemuja sihir gelap dan pemuja setan yang sedang melakukan ritual sihir. Mereka berusaha untuk menukar jiwa mereka demi bisa membalas dendam terhadap suku lengan panjang yang sudah mencuri hal dari mereka. Namun, mereka terkejut ketika Brook kemudian muncul akibat kekuatan Nikyu Nikyu milik Kuma.

Im Sama Adalah Iblis – Ke Halaman 3

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.