Home OTAKU OTAKU FEATURES 10 Adegan Perang Paling Dahsyat di Anime!

10 Adegan Perang Paling Dahsyat di Anime!

Perang menjadi sesuatu yang tidak terhindarkan bahkan dalam dunia anime yang mana terdapat beberapa adegan perang yang dianggap paling dahsyat. Meskipun mayoritas cerita anime, khususnya bergenre shonen, sering menghadirkan tema tentang persahabatan atau petualangan namun terkadang di dunia tersebut juga terdapat hal yang tidak terduga. Salah satunya adalah perang. Perang jadi salah satu elemen cerita yang biasanya digunakan untuk menghadirkan sejarah yang terjadi di dunia itu atau menjadi hal yang menentukan sebuah nasib. Berikut adalah perang paling dahsyat di dunia anime.

10 The Rebellion War

Adegan perang yang dianggap paling dahsyat di dunia anime adalah The Rebellion atau The Rebellion War. Code Geass merupakan salah satu series anime yang populer di mana alur ceritanya tidak hanya sekedar menghadirkan elemen mecha atau robot. Code Geass mencoba untuk menghadirkan elemen yang sama dengan series Gundam, mulai dari kemunculan robot atau mecha sampai pada cerita tentang intrik politik.

Tidak lupa juga elemen militer serta karakter yang sangat kompleks coba dihadirkan dalam series anime karya Ichirō Ōkouchi and Gorō Taniguchi ini. Karena bertema militer dan penuh dengan intrik politik, tidak heran jika Code Geass bisa menghadirkan adegan perang paling dahsyat di dunia anime. Demi bisa membawa kedamaian bagi seluruh dunia, serta membalas dendam atas apa yang terjadi kepada keluarganya, Lelouch Lamperouge menggunakan kekuatan yang dia miliki, Geass, untuk menghadirkan sebuah gerakan pemberontakan.

Kemampuan tersebut membuat Lelouch bisa memerintahkan siapapun untuk mau mengerjakan apa yang dia inginkan, termasuk memunculkan pemeborontakan yang mana peristiwa inilah yang kemudian disebut sebagai The Rebellion. Efek dari pemberontakan yang Lelouch hadirkan tersebut adalah korban jiwa dalam jumlah yang sangat masif, bahkan dari pasukannya sendiri.

9 Thousand-Years Blood War

Geeks tentunya sudah sangat mengenal perang paling mematikan dan paling bersejarah dalam series Bleach ini. Apalagi, di tahun 2023 kemarin animenya kembali menghadirkan bagian kedua dari adegan peran paling dahsyat di dunia anime ini. Dalam ceritanya, bangsa Quincies kembali muncul setelah 1.000 tahun. Mereka berencana untuk membalas dendam atas kekalahan mereka serta pembantaian yang dilakukan oleh Soul Society pada 1.000 tahun yang lalu.

Sesuai namanya, perang setiap 1.000 tahun ini benar-benar sangat mematikan dan penuh darah dan tentunya sangat dahsyat. Dalam penyerangan pertama bangsa Quincies kepada Soul Society, banyak nyawa yang hilang apalagi dari pihak Soul Reapers. Captain Yamamoto, yang merupakan pemimpin dari Gotei 13, menjadi salah satu korban penyerangan bangsa Quincies.

Selain Yamamoto, sang protagonis utama, Ichigo Kurosaki, juga harus mengalami luka parah dan hampir tewas dalam perang dahysat tersebut. Tidak berhenti sampai disitu, pada serangan kedua kedahsyatan dari perang tersebut jauh lebih epik lagi. Ichigo pun sudah semakin kuat setelah berlatih dengan sangat keras, yang mana hal itu membuatnya kemudian bisa berhadapan dengan sang pemimpin dari kelompok Quincy yaitu Yhwach. Saat ini, animenya sendiri sudah menyelesaikan bagian kedua dan di tahun 2024 mendatang kita akan melihat bagian ketiganya.

8 The Joui War

Gintama mungkin lebih terkenal sebagai anime komedi yang banyak menghadirkan referensi karakter atau bahkan anime lainnya. Bahkan, kepopuleran Gintama sebagai anime komedi paling kocak ini membuat orang mungkin tidak percaya jika ada adegan perang paling dahsyat dalam ceritanya. Dan adegan perang tersebut tidak lain adalah The Joui War.

Dalam cerita animenya, Bakufu merupakan sebuah kelompok resistensi atau kelompok perlawanan yang sengaja dibentuk untuk menghadapi Amanto. Amanto sendiri merupakan sebuah sebuah kelompok alien dari luar angkasa yang memiliki misi untuk menginvasi dan mengambil alih bumi. Para Bakufu tidak percaya dengan kedatangan para Amanto ke bumi yang membuat mereka akhirnya melakukan perlawanan.

Sayangnya, Bakufu kalah dalam persenjataan dan teknologi yang digunaka untuk menghadapi Amanto. Orang-orang pun mulai tidak yakin jika Bakufu akan menang, yang membuat mereka akhirnya mau memuja para Amanto. Namun, Bakufu akhirnya mennggunakan strategi untuk menghadapi para Amanto secara satu persatu. Pertarungan yang terjadi diantara mereka bisa dibilang sangat epik karena masing-masing memiliki kesulitan untuk menghadapai lawannya.

7 Ishval Civil War

Dalam cerita Fullmetal Alchemist, kekuatan sihir merupakan hal yang lumrah digunakan dalam berbagai hal termasuk peperangan. Dan dalam cerita Fullmetal Alchemist: Brotherhood, kita melihat bagaimana kekuatan sihir digunakan dalam salah satu adegan perang paling dahsyat dalam dunia anime, yaitu Ishval Civil War atau Perang Saudara Ishval. Perang ini terjadi akibat kesalahpahaman yang muncul.

Dalam ceritanya dijelaskan setelah sebuah protes besar-besaran yang salah sasaran membuat seorang penduduk anak-anak di Ishval tewas, perang saudara pun akhirnya pecah di negara tersebut. Perang tersebut benar-benar sangat mematikan dan dahsyat, yang mana ada banyak sekali korban jiwa yang melayang dalam perang ini. Ironisnya, ada satu sosok yang kemudian dianggap dalang dari perang mematikan tersebut.

Konspirator atau dalang dari Ishval Civil War ini tidak lain adalah villain utama di seriesnya, Father. Dia memiliki rencana jahat yang besar di mana salah satu tahapannya adalah menciptakan sebuah konflik yang besar. Konflik tersebut kemudian menjadi awal mula terbentuknya kelompok transmutasi. Dan yang mengerikan adalah perang tersebut seolah jadi momen untuk melakukan pembantaian massal.

6 Paranormal Liberation War

Sebagai sebuah series anime yang memang menghadirkan tema cerita tentang superhero dan kepahlawanan serta menghadapi kejahatan, menghadirkan adegan perang dalam cerita My Hero Academia tentunya menjadi satu hal yang memang pasti muncul. Dan seriesnya menghadirkan salah satu adegan perang paling dahsyat yang ada di dunia anime yaitu Paranormal Liberation War.

Paranormal Liberation War merupakan all-out war atau perang dengan kekuatan penuh antara para dua kubu utama dalam ceritanya, para hero dan villain. Hal ini terjadi ketika para hero mendapatkan informasi dari Hawks bahwa kelompok Paranormal Liberation Front, yang merupakan organisasi villain paling besar dalam seriesnya, memiliki rencana untuk melangsungkan serangan besar-besaran yang akan menghancurkan seluruh Jepang.

Mereka berpacu dengan waktu, karena para villain tersebut berusaha untuk membangkitkan kembali Shigaraki. Pada awalnya, mereka menduga jika penyerangan tersebut sukes dengan jumlah korban yang sangat sedikit. Namun, ketika Shigaraki kemudian terbangun dan sadar akhirnya semua berubah menjadi kacau. Banyak hero yang harus tewas akibat Quirk milik Shigaraki. Setelah bertarung menghadapi para hero kuat, Shigaraki pun kabur.

5 Chimera Ant War

Chimera Ant merupakan arc yang sangat populer dalam series anime Hunter X Hunter, sekaligus jadi arc yang sebenarnya masih berjalan dan belum ada kelanjutannya sejauh ini. Dalam arc ini terdapat sebuah adegan perang yang bernama Chimera Ant War. Skala perang dari Chimera Ant War mungkin tidak semasif Paranormal Liberartion War atau Thousand-Year Blood War.

Namun, dalam peperangan ini semua Hunter terbaik di series Hunter x Hunter berkumpul dan berusaha untuk menghentikan invasi dari kelompok Chimera Ant. Chimera Ant sendiri adalah kelompok villain yang berisi para karakter kuat, di mana mereka berasal dari Dark Continent. Bukti bagaimana dahsyatnya perang ini diperlihatkan bagaimana pemimpin dari Hunter Association pada saat itu, Isaac Netero, ikut terjun langsung untuk bertempur.

Bahkan, keluarga Zoldyck yang legendaris dan jadi keluarga terkuat pun ikut serta bertempur menghadapi kelompok Chimera Ant. Dalam perang ini, ada banyak hal menarik yang kemudian muncul selama peperangan ini berlangsung. Misalnya, perkembangan karakter dari Gon di mana dia mengorbankan seluruh Nen miliknya untuk bisa menghabisi Neferpitou yang sudah menghabisi rekannya. Namun, yang paling epik dari perang ini adalah bagaimana Netero mengorbankan nyawanya untuk bisa menyelamatkan umat manusia.

4 Fourth Great Ninja War

Fourth Great Ninja War atau Perang Dunia Shinobi Keempat merupakan salah satu momen perang dunia shinobi yang paling populer, paling ikonik, dan juga paling masif yang terjadi di universe Naruto. Satu hal besar yang berbeda dengan perang sebelumnya dalam Perang Dunia Shinobi keempat ini adalah ini bukan tentang peperangan yang terjadi antar desa ninja atau demi memperebutkan sumber daya.

Dalam Perang Dunia Shinobi Keempat ini seluruh negara shinobi justru bersatu dan membentuk sebuah aliansi ninja. Mereka bersatu untuk menghadapi musuh yang sama yaitu Madara Uchiha dan juga Kaguya Otsutsuki. Mereka berusaha untuk membangkitkan sebuah Genjutsu paling berbahaya dan paling mematikan yaitu Mugen Tsukuyomi. Inilah alasan mengapa perang dunia shinobi keempat jadi yang paling masif di seriesnya.

Ada beberapa pertempuran yang terjadi dalam momen ini. Pertempuran pertama berlangsung selama dua hari, ketika para aliansi shinobi harus berhadapan dengan Madara Uchiha. Kemudian, pertempuran kembali terjadi untuk kedua kalinya di mana Obito bekerja sama dengan Madara berusaha menghancurkan seluruh dunia shinobi. Dalam momen ini pula, para fans kemudian diperkenalkan dengan sosok Kaguya Otsutsuki yang dibangkitkan oleh Black Zetsu. Salah satu momen epik lainnya dalam pertempuran ini adalah bagaimana Sakura, Sasuke, dan Naruto bersatu untuk menyelamatkan dunia.

3 Paramount War/Summit War

Paramount War/Summit War atau yang biasa juga disebut sebagai perang puncak, merupakan perang besar yang berlokasi di markas pusat angkatan laut yaitu Marineford. Perang ini sebenarnya sudah diprediksi oleh angkatan laut yang mana mereka sudah menduga jika kelompok bajak laut Whitebeard mencoba untuk membebaskan Portgas D Ace saat akan dieksekusi mati.

Seluruh armadanya berkumpul di sana dan seluruh pasukan angkatan laut mencoba untuk bertahan dan mempertahankan markas angkatan laut dari serangan Whitebeard. Perang puncak ini jadi salah satu perang dengan skala paling besar saat ini di cerita One Piece, selain juga perang puncak di Onigashima dan perang di pulau Egghead yang masih berjalan hingga sekarang.

Banyak angkatan laut yang harus tewas dan terluka parah akibat serangan dari kelompok Whitebeard. Di satu sisi, kelompok Whitebeard sendiri harus menerima fakta banyak sekali korban jiwa akibat serangan dari para angkatan laut yang kuat. Meskipun sempat berhasil diselamatkan oleh Luffy, sayangnya di akhir cerita kita melihat bagaimna Ace harus tewas akibat serangan Akainu ketika melindungi Luffy. Bukan hanya itu, dalam pertempuran ini Whitebeard pun ikut tewas.

2 Battle For Paradis

Attack on Titan sebenarnya memiliki dua perang besar yang terjadi dalam sejarah mereka. Yang pertama adalah Great Titan War di mana keluarga kerajaan para pemilik kekuatan Titan mengalami konflik internal. Hal ini pun dimanfaatkan oleh bangsa Marley untuk mencuri kekuatan Titan tersebut. Dan hal ini membuat Karl Fritz akhirnya memindahkan sebagian penduduk Eldia ke sebuah pulau terpencil bernama Paradis.

Perang kedua adalah Battle for Paradis. Bisa dibilang, Battle For Paradis adalah adegan perang paling dahsyat dan mematikan yang terjadi di dunia anime. Bagaimana tidak, Eren Yeager benar-benar menghabisi sekitar 80% populasi umat manusia dalam peristiwa yang kemudian disebut Rumbling. Peristiwa Rumbling sendiri adalah ketika Founding Titan memerintahkan semua Titan yang ada di pulau Paradis yang jumlahnya mencapai puluhan ribu untuk kemudian menginjak-injak manusia atau bangsa manapun tanpa ampun.

Eren Yeager sendiri berusaha untuk membalas dendam atas apa yang bangsa Marley lakukan terhadap penduduk Paradis, terutama para bangsa Eldian di pulau tersebut. Dia berusaha untuk menghabisi seluruh umat manusia yang berada di luar pulau tersebut agar semua penduduk Eldian bisa hidup dengan damai. Rencana Eren sendiri sebenarnya hampir saja berhasil sebelum Mikasa akhirnya berhasil menghentikannya.

1 Perang Dunia Kedua

Adegan perang paling dahsyat di dunia anime yang terakhir tidak lain adalah Perang Dunia Kedua. Bisa dibilang, dan memang harus diakui, jika semua adegan perang di dunia anime di atas merupakan sebuah peristiwa yang tidak benar-benar terjadi atau hanya fiktif belaka. Namun, hal berbeda diperlihatkan oleh film garapan Studio Ghibli yaitu Grave of the Fireflies.

Perang memang selalu membawa kesengsaraan bagi semuanya. Masyarakat biasa selalu menjadi korban dari peperangan. Dan inilah yang coba dihadirkan oleh Hayao Miyazaki dalam film Grave of the Fireflies, di mana kita diperlihatkan bagaimana kondisi penduduk Jepang saat perang dunia kedua. Seita dan Setsuko adalah kakak-beradik yang sedang berjuang untuk bertahan hidup di tengah-tengah situasi perang.

Keduanya mengalami masa-masa yang sangat sulit dan mereka selalu hidup dengan diliputi ketakutan dan kelaparan setiap harinya. Tidak ada keajaiban atau cerita dongeng dalam film ini, namun kita diperlihatkan fakta menyedihkan dan mengharukan bagaimana dampak dari peperangan yang terjadi di dunia nyata. Banyak momen menyentuh yang muncul di momen tersebut, seperti bagaimana salah satu dari mereka akhirnya tewas akibat kelaparan.

Perang atau pertempuran besar merupakan salah satu hal yang cukup sering terjadi di dunia anime. Dalam peperangan, korban jiwa memang selalu akan muncul dan mereka adalah bukti bagaimana perang adalah peristiwa yang sangat mengerikan dan harus dihindari. Apapun alasannya peperangan merupakan sesuatu hal yang tentunya harus bisa dihindari dan anime di atas bisa jadi contohnya.

Exit mobile version