Dunia tersembunyi merupakan salah satu hal yang sering muncul dalam cerita film dan ada beberapa dunia tersembunyi yang sangat populer. Ada banyak sekali hal menarik yang biasanya muncul dalam sebuah alur cerita film. Contohnya adalah tema cerita yang berani atau bahkan cerita yang penuh dengan fantasi. Yang juga menarik adalah beberapa film memperkenalkan dunia tersembunyi sebagai salah satu poin cerita. Ada beberapa dunia tersembunyi yang sangat populer di dunia film. Apa saja?

9OASIS

Dunia tersembunyi tidak harus muncul dalam bentuk fisik. Bisa juga muncul dalam wujud virtual, di mana salah satunya adalah OASIS. Dunia tersembunyi digital ini sendiri muncul dalam film garapan Steven Spielberg yaitu Ready Player One yang rilis pada 2018. OASIS sendiri merupakan singkatan dari Ontologically Anthropocentric Sensory Immersive Simulation, sebuah dunia siber yang berisi semua hal.

Ready Player One sendiri menghadirkan cerita di mana dunia nyata pada tahun 2045 telah menjadi sebuah tempat yang buruk dan kebanyakan orang lebih memilih menghabiskan waktunya di OASIS, sebuah realitas virtual yang canggih dan penuh petualangan. Ketika pencipta OASIS, James Halliday, meninggal, dia sempat meninggalkan warisan berupa harta karun dalam realitas virtual ciptaanya.

Siapapun pemain yang bisa menemukan harta karun tersebut akan mendapatkan kekayaan dan kendali terhadap OASIS. Karakter utamanya, Parzival, bersama teman-temannya, Art3mis, Aech, Shoto, dan Daito, berusaha untuk menemukan harta tersebut. Seperti halnya dunia virtual realita, hampir semua hal bisa terjadi dan ada di sana. Yang menarik adalah Spielberg banyak menghadirkan referensi ikon pop seperti mobil DeLorean dan bahkan Gundam.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.