Dalam universe Transformers sebenarnya ada berbagai faksi atau kelompok selain yang sudah muncul seperti Decepticons dan Autobots. Franchise Transformers banyak memperkenalkan kelompok atau faksi yang menarik. Mayoritas kemungkinan lebih mengenal Decepticons dan Autobots. Film terbaru kemarin memperkenalkan Maximals yang merupakan Transformers mamalia. Namun, mungkin tidak banyak yang tahu ada beberapa faksi atau kelompok lain di franchise Transformers. Apa saja?

9Insecticons

Untuk menghadapi serangan dari para Dinobots yang terkenal tangguh, biasanya Megatron akan mengirim salah satu kelompok lainnya dari Decepticons. Kelompok tersebut bernama Insecticons. Sesuai dengan namanya, Insecticons adalah Transformers yang memiliki kemampuan untuk bisa berubah menjadi serangga. Seperti juga Dinobots, para Insecticons ini muncul sebelum para Maximals dan Predacons.

Insecticons sendiri diketahui hanya memiliki anggota sebanyak tiga robot saja. Mereka adalah Shrapnel yang merupakan pemimpin dari Insecticons yang memiliki wujud kumbang. Kemudian, dua anggota Insecticons adalah Bombshell yang memiliki wujud kumbang badak serta Kickback yang memiliki wujud belalang. Walaupun jumlahnya sedikit, tetapi mereka terbukti mampu menandingi kekuatan para Dinobots.

Bagaimana reputasi dari Insecticons yang kurang populer rasanya memang wajar mengingat mereka jarang muncul dalam berbagai cerita yang ada. Para Insecticons sendiri muncul dalam series animasi di tahun 1985, kemudian dalam cerita Beast Wars di tahun 1996, daan terakhir adalah pada series Energon pada 2004.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.