Terdapat sebuah teori yang menarik yang berkembang di kalangan fans terkait dengan asal usul sosok Joy Boy yang mana diduga dia adalah bagian dari klan Monkey D. Seperti yang Geeks ketahui, sosok Joy Boy masih jadi salah satu misteri besar di dunia One Piece. Kita masih belum tahu siapa dia sebenarnya dan mengapa dia jadi sosok penting dalam sejarah di dunia itu. Namun, terdapat teori yang muncul di kalangan fans menyebutkan jika Joy Boy kemungkinan adalah bagian dari klan Monkey D.

2Ditakdirkan Merubah Dunia

Dari sejak awal One Piece muncul pada akhir 1990an sampai saat ini, Eiichiro Oda belum pernah mengungkapkan apa kepanjangan atau arti dari nama “D” tersebut. Di manganya sendiri juga belum ada cerita atau arc yang menjelaskan arti atau kepanjangan dari “D” ini. Hal inilah yang membuat para penggemar One Piece penasaran sampai saat ini. Dan banyak teori yang kemudian muncul.

Berbicara mengenai klan D ada sebuah teori yang menyebutkan bahwa keluarga dari Monkey D adalah keturunan dari keluarga kerajaan, dalam hal ini mereka adalah keturunan dari Kerajaan Kuno atau Ancient Kingdom. Sedangkan, mereka yang memiliki huruf D diluar keluarga Monkey D adalah penduduk biasa. Kerajaan Kuno mungkin sudah hancur oleh gabungan 800 kerajaan lainnya pada 800 tahun yang lalu, tapi para keturunannya masih belum semuanya tewas.

Keluarga Monkey D diduga adalah keluarga dari klan D yang berusaha membangkitkan kembali Tekad D dan kejayaan dari Kerajaan Kuno. Yang menarik juga adalah keluarga Monkey D dianggap sebagai phak yang memang ditakdirkan untuk memberikan perubahan besar terhadap dunia. Seperti yang disebutkan di atas, semua anggota keluarga Monkey D sangat membenci kaum naga langit.

Masing-masing anggota Monkey D memiliki cara untuk menciptakan “kekuatan” untuk menghadirkan perubahan tersebut. Misalnya, Garp sengaja bertahan di angkatan laut selain untuk mengabdi bagi masyarakat dan menyelamatkan mereka yang tidak berdaya dia juga ingin membebaskan muridnya. Kita sudah melihat bagaimana Garp “membebaskan” anaknya, Dragon dari angkatan laut, kemudian Aokiji, dan yang terakhir adalah Koby.

Dalam peristiwa di pulau Beehive, Garp mengatakan kepada Koby dan semua anggota SWORD bahwa mereka adalah masa depan angkatan laut. Artinya Garp memang sudah sejak awal atau sejak lama menciptakan kekuatan masa depan dari angkatan laut. Dan dari hasilnya, sepertinya upaya Garp memang berhasil meskipun jumlahnya mungkin masih kalah dari mayoritas angkatan laut.

Bagaimana dengan Luffy dan Dragon? Kedua karakter ini memiliki kesamaan dan juga perbedaan. Ayah dan anak ini sama-sama berusaha untuk membebaskan belenggu berbagai pihak yang sedang dalam kesusahan atau dalam kondisi tertekan. Contohnya Luffy berhasil membebaskan Alabasta dari cengkraman Crocodile, Pulau Manusia Ikan dari cengkraman pasukan Hody Jones, dan yang terakhir adalah Wano dari cengkraman Kaido yang sudah bertahan selama 20 tahun.

Untuk Monkey D Dragon, dia memanfaatkan kekuatan sumber daya dari organisasi yang dia bentuk, Pasukan Revolusi, untuk membebaskan berbagai wilayah yang ingin mendapatkan kemerdekaan. Mereka membantu wilayah tersebut keluar dari cengkraman afiliasi World Government. Kerajaan Sorbet menjadi salah satu contoh wilayah yang dibebaskan oleh Pasukan Revolusi.

Ke Halaman 3

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.