Beberapa Transformers diketahui memiliki bentu perubahan wujud yang paling aneh, karena benda yang mereka tirukan sangat tidak biasa. Para Transformers merupakan robot bernyawa yang berasal dari planet Cybertron. Karena, mereka merupakan robot dengan ukuran yang sangat masif  tentunya mereka perlu cara untuk berbaur dan diketahui mereka sering berubah wujud ke berbagai bentuk sebagai wujud penyamaran mereka di bumi. Ada yang menjadi mobil, kendaraan tempur, motor, dan sebagainya. Namun, sebagian Transformers justru memiliki perubahan wujud yang aneh.

6Reflector – Kamera Kuno

Rasaanya tidak ada yang berpikir jika Transformers akan memiliki bentuk perubahan wujud yang berkaitan dengan masa lalu. Hal ini karena teknologi planet Cybertron yang sangat canggih. Namun, yang unik kemudian adalah justru Reflector memanfaatkan hal tersebut sebagai wujud penyamarannya di mana dia memiliki bentuk sebagai sebuah kamera lama dengan lensa tunggal.

Namun, ada hal menarik lainnya yang kemudian muncul dari perwujudan ini. Selain lagi-lagi ukuran kameranya yang sangat masif, kamera lama tersebut sebenarnya bukan hanya berasal dari satu Decepticons saja melainkan tiga sekaligus. Mereka adalah Spectro, Spyglass, dan Viewfinder. Karena Reflector merupakan karakter yang berasal dari era 1980an, wajar jika banyak relate dengan bentuk perubahan wujud ini.

Yang juga unik adalah ternyata Reflector bukan hanya sekedar berubah menjadi kamera, namun dia bisa menggunakannya untuk mengambil gambar. Namun, harus diakui memang banyak fans yang merasa jika perubahan ini sangat konyol. Meskipun di era modern perubahan wujud Reflector dirubah menjadi senjata, namun popularitas perubahan ini jauh lebih tinggi di kalangan fans.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.