Membaca sebuah Poneglyph tentunya memerlukan sebuah kemampuan khusus yang mana inilah alasan hanya ada beberapa karakter yang bisa melakukannya. Dalam cerita One Piece, Poneglyph merupakan sebuah artefak kuno yang berasal dari abad yang hilang. Di atas Poneglyph tersebut terdapat sebuah tulisan yang berisi berbagai informasi, seperi sejarah masa lalu. Namun, tulisannya yang misterius membuat Poneglyph hanya bisa dibaca oleh beberapa orang saja. Berikut adalah daftarnya.

7Professor Clover

Karakter yang bisa membaca Poneglyph yang pertama adalah Professor Clover. Sosok Professor Clover dalam cerita One Piece merupakan ahli arkeologi dari Ohara dan juga professor yang mengajari Nico Robin tentang segala hal yang terjadi pada masa lalu. Bukan hanya Professor Clover mampu membaca Poneglyph, dia juga mengajarkannya kepada orang lain.

Selain mengetahui tentang Poneglyph, Professor Clover juga tahu banyak tentang rahasia yang terjadi di dunia ini. Contohnya adalah tentang Tekad D atau pun tentang Kerajaan Kuno. Bahkan, karena pengetahuan ini juga nyawa Professor Clover harus melayang. Dia hendak membeberkan rahasia tentang kerajaan kuno, sebelum ditembak oleh agen Cipher Pol yang diutus World Governnment.

Professor Clover merupakan karakter One Piece pertama yang diperlihatkan bisa membaca Poneglyph. Dia muncul dalam kilas balik Nico Robin dan merupakan mentor bagi para cendikiawan Ohara lainnya. Bahkan, yang menarik adalah dia merupakan mentor dari Vegapunk di mana mereka saling bertemu ketika sang ilmuwan melakukan perjalanan untuk mencari berbagai ilmu pengetahuan.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.