Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Film Dengan Rekor Box Office Yang Sulit Ditandingi!

10 Film Dengan Rekor Box Office Yang Sulit Ditandingi!

Industri film Hollywood berhasil menghadirkan beberapa catatan rekor box office yang sampai saat ini sulit untuk ditandingi. Dengan film saat ini sudah bisa diakses oleh berbagai macam kalangan, berbagai rekor box office pun menjadi sesuatu yang tidak terbendung. Yang menarik kemudian adalah beberapa film berhasil memecahkan rekor yang mana sampai saat ini sulit untuk ditandingi. Berikut adalah berbagai film dengan rekor box office yang sulit ditandingi.

10 The Lion King

Film dengan rekor box office yang sulit ditandingi yang pertama adalah The Lion King. Sebenarnya, masih ada perdebatan di banyak kalangan mengenai film ini apakah memang The Lion King merupakan adapti live action atau bukan. Hal ini karena film remake dari film animasi Disney dengan judul yang sama tersebut menggunakan teknologi motion-capture dan bukna “live action” seperti dugaan banyak pihak.

Terlepas dari semua kontroversi dari film ini, dan juga berbagai ulasan yang beragam mengenai filmmnya, hal itu nyatanya tidak membuat banyak orang penasaran dengan film live action The Lion King. Dan akhirnya film tersebut berhasil memecahkan rekor box office sebagai film musikal live action yang paling sukses dalam sejarah. Total pemasukan dari film The Lion King mencapai 1.6 miliar Dollar Amerika.

Angka tersebut, untuk saat ini, menjadi sebuah angka yang telak yang akan sulit untuk ditandingi setidaknya dalam waktu 10 tahun kedepan. Bukan tanpa alasan memang, karena film musikal sendiri bukanlah sebuah genre yang populer seperti aksi, romansa, komedi, atau bahkan horor. Bahkan, para penonton baru cenderung kurang meminati film dengan genre musikal.

9 Crouching Tiger, Hidden Dragon

Meskipun berbagai film Hollywod sering kali mendominasi pasar domestik Amerika, bukan berarti film-film asing tidak pernah populer di negara tersebut. Film-film asing memang harus diakui kurang begitu populer karena terkait beberapa hal, contohnya adalah pendanaan, sumber daya, peminat filmnya, dan masih banyak lainnya. Karena itulah, sangat jarang film asing masuk dan bahkan meraih prestasi.

Meskipun begitu, ada satu film asing yang masih memegang rekor box office sebagai film asing yang paling laris sepanjang masa. Film tersebut adalah Crouching Tiger, Hidden Dragon sebuah film aksi laga kolosal yang rilis pada tahun 2000. Film ini dibintangi oleh sederet nama-nama besar Asia, seperti Donie Yen, Zhang Ziyi, dan bahkan Michelle Yeoh. Filmnya sendiri berhasil mengantongi pemasukan 128,078,872 Dollar Amerika.

Menurut informasi yang ada, kesuksesan dari film Crouching Tiger, Hidden Dragon ini dikarenakan beberapa hal seperti penampilan yang sangat luar biasa dari Michelle Yeoh, juga alur cerita yang sangat menyentuh dan berbagai elemen lainnya. Contohnya adalah pertarungan pedang yang fantastis. Sampai sekarang, belum ada lain film asing yang berhasil meraih pencapaian serupa.

8 Star Wars: Episode VII – The Force Awakens

Salah satu strategi yang biasanya digunakan oleh rumah produksi untuk mendapatkan pemasukan dalam jumlah yang besar adalah merilis filmnya di jadwal liburan. Misalnya filmnya rilis di momen libur tahun baru, thanksgiving, bahkan yang paling populer adalah perilisan di hari natal. Namun, film The Force Awakens berhasil memecahkan rekor box office luar biasa yang sulit ditandingi.

Meskipun filmnya tidak dirilis pada musim liburan, Star Wars: Episode VII – The Force Awakens berhasil mengantongi angka yang sangat luar biasa. Rilis perdana pada 18 Desember 2015, The Force Awakens mendapat pemasaukan 49,325,663 hanya dalam satu hari perilisannya saja. Raihan tersebut tentunya sangat luar biasa untuk ukuran sebuah film blockboster Hollywood.

Namun, di sisi lain, hal tersebut juga tidak mengherankan karena film tersebut menghadirkan banyak sekali nama-nama besar Hollywood seperti Daisy Ridley dan Adam Driver. Kemudian, para fans juga sudah sangat lama menantikan kemunculan dari filmnya sehingga wajar ketika hari perilisannya tiba para fans pun berbondong-bondong untuk pergi ke bioskop.

7 The Hunger Games: Catching Fire

Franchise The Hunger Games merupakan franchise adaptasi novel yang sangat populer dan sukses. Buktinya adalah perilisan film terbaru dari franchise ini, The Hunger Games: The Balld of Songbirds and Snakes, terbukti masih berhasil meraih perhatian para fans. Meskipun begitu, kesuksesan film prekuel tersebut – dan juga film adaptasi novel lainnya – tidak akan ada yang mampu meraih pencapaian dari The Hunger Games: Catching Fire.

Film epik dystopian tersebut berhasil menjadi film adaptasi buku paling sukses dalam sejarah, di mana filmnya berhasil mengantongi pemasukan kotor sebessar 424,668,047 Dollar Amerika. Sementara, film pertamanya sendiri, The Hunger Games, berhasil mendapatkan angka yang tidak jauh berbeda yaitu 408,010,692 Dollar Amerika. Kesuksesan The Catching Fire disebabkan oleh momen yang pas.

Kesuksesan dari film The Hunger Games yang menghadirkan cerita Katnis Everdeen yang sanagat luar biasa, alur cerita yang unik dan menarik, serta puncak popularitas dari Jennifer Lawrence menjadi hal yang membuat Catching Fire jadi film yang berhasil hadirkan rekor box office dan sulit untuk ditandingi.

6 Avengers: Endgame dan Avengers: Infinity War

Rasanya Geeks sudah mengetahui tentang rekor yang berhasil diraih oleh dua film produksi Marvel Studios ini. Avengers: Endgame dan Avengers: Infinity War merupakan film yang jadi kulminasi atau puncak cerita dari Infinity Saga yang berlangsung sejak 2008. Selama satu dekade, Marvel memberikan petunjuk tentang siapa yang akan para Avengers hadapi di puncak ceritanya nanti.

Dan sosok tersebut tidak lain adalah Thanos. Pertarungan antara para Avengers menghadapi sang Titan Gila tersebut benar-benar sangat luar biasa dan juga sangat masif. Buktinya, hampir seluruh bintang Marvel berkumpul di film tersebut. Dan dengan epiknya dua film itu, wajar jika kemudian kedua film tersebut berhasil meraih rekor box office yang juga sangat luar biasa.

Avengers: Infinity War menduduki peringkat pertama dan empat dalam raihan kotor satu hari pada hari perilisannya. Sedangkan, Avengers: Endgame menduduki peringkat kelima. Bagi sebuah studio film, lebih dari satu film mereka menduduki peringkat teratas box office merupakan sebuah pencapaian besar yang bersejarah. Bahkan, yang epiknya lagi adalah film Avengers: Endgame dan Avengers: Infinity War dirilis secara beriringan (back to back). Sampai saat ini, Marvel belum lagi meraih pencapaian yang sama.

5 Titanic

Film klasik garapan James Cameron yang sukses besar di industri film Hollywood. Seperti halnya Avengers: Endgame, selain menjadi film dengan ongkos produksi yang besar film ini juga menghadirkan jumlah cast yang sangat banyak. Filmnya sendiri mengadaptasi sebuah peristiwa nyata dari tenggelamnya kapal Titanic yang terkenal pada 1912. Titanic dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan juga Kate Winslet.

Titanic banyak mendapatkan pujian dan juga ulasan dari berbagai pihak, yang mana kesuksesan ini juga terbukti dari jumlah pemasukan yang mereka dapatkan. Titanic sempat jadi raja sebagai film dengan pemasukan paling besar sepanjang sejarah dengan jumlah pemasukannya mencapai 2 miliar Dollar Amerika. Titanic juga berhasil pecahkan rekor sebagai film dengan pemasukan kotor paling besar dalam sejarah yang berhasil dapatkan piala Oscar untuk kategori Best Picture.

Dalam ajang penghargaan Academy Awards, Titanic diketahui berhasil membawa pulang total 11 piala Oscar. Hal ini membuat film tersebut berhasil jadi film yang mampu mengantongi piala Oscar terbanyak sepanjang sejarah. Sehingga, bisa dibilang hampir semua lini berhasil dipecahkan rekornya oleh Titanic. Dan sampai sekarang, Titanic masih jadi film berpengaruh dan populer.

4 Gone With The Wind

Gone with the Wind merupakan salah satu film dengan durasi terlama pertama dalam sejarah Hollywood. Diketahui, film yang rilis pada 1939 ini memiliki durasi 3 jam 58 menit. Gone with the Wind sendiri merupakan film adaptasi dengan novel yang sama yang rilis di tahun 1936. Vivien Leigh berperan sebagai Scarlett O’Hara, putri dari seorang pemilik perkebunan yang sangat jahat manipulatif.

Scarlett memiliki ketertarikan terhadap suami dari sepupunya. Namun, kemunculan dari Rhett Butler, yang diperankan oleh Clark Gable, merubah rencana dari Scarlett dan membuat sang protagonis jatuh cinta terhadap Rhett. Film ini masih sangat populer hingga sekarang, bahkan menjadi salah satu film yang berpengaruh di Hollywood. Banyak elemen dari film ini yang menginspirasi berbagai film-film epik di masa sekarang.

Gone With The Wind berhasil mengantongi pemasukan kotor 200,882,193 Dollar Amerika, yang setelah disesuai dengan inflasi sekarang jumlahnya mencapai 1,850,581,586 Dollar Amerika. Angka ini bahkan mengalahkan Avatar yang hanya berada di angka 760 juta Dollar Amerika dan disusul oleh The Force Awakens di angka 900 juta Dollar Amerika. Film ini juga berhasil mendapatkan Best Picture di tahun 1940.

3 Oppenheimer

Salah satu film sukses di tahun 2023 kemarin. Film Oppenheimer merupakan film biopik karya Christopher Nolan yang berkisah pada sosok J. Robert Oppenhimer, ahli fisika yang menjadi pemimpin dari sebuah proyek legendaris, The Manhanttan Project. Proyek inilah yang kemudian menjadi cikal bakal terbentuknya bom atom yang dikenal saat ini. Aktor populer, Cillian Murphy berperan sebagai Oppenheimer.

Film Oppenheimer sendiri menjadi salah satu mahakarya lainnya dari Christopher Nolan, yang mana film ini banyak dipuji karena akting yang luar biasa dari Cillian Murphy sebagai Oppenheimer, penulisan cerita yang luar biasa, tidak mengherankan jika filmnya berhasil memecahkan rekor office. Salah satu rekor box office yang berhasil dipecahkan oleh film ini adalah film biopik paling laris sepanjang sejarah.

Oppenheimer diketahui berhasil mendapatkan pemasukan dari seluruh dunia dengan total 950,548,665 Dollar Amerika. Angka ini bahkan berrhasil melampaui film Bohemian Rhapsody yang mendapatkan pemasukan global sebesar 903,655,259 Dollar Amerika. Hal ini pun membuat Oppenheimer menjadi film biopik yang paling sukses sepanjang sejarang dan sulit untuk ditandingi oleh film lainnya.

2 Barbie

Film 2023 yang berhasil pecahkan rekor selain Oppenheimer. Barbie merupakan film garapan Greta Gerwig dan diproduksi oleh Warner Bros. Discovery. Film ini benar-benar menjadi sebuah fenomena baru di tahun 2023 dan juga di dunia industri film Hollywood. Pasalnya, Barbie menjadi film pertama yang berhasil menyentuh angka 1 milliar Dollar Amerika di tahun 2023 sebelum kemudian disusul oleh Oppenheimer.

Selain itu, Barbie juga menjadi film adaptasi mainan paling sukses sepanjang masa di mana pencapaian ini kemungkinan akan sulit diraih oleh film-film adaptasi mainan lainnya dalam beberapa tahun kedepan. Greta Gerwig menghadirkan alur cerita yang menarik di mana Barbie berusaha untuk mencari jati dirinya. Dia pun pergi ke dunia manusia di mana Barbie akhirnya menemukan tujuan hidupnya.

Proses pengembangan filmnya sendiri diketahui sudah dllakukan selama bertahun-tahun dan dikerjakan oleh berbagai rumah produksi yang berbeda sebelum WBD jadi studio yang mengerjakan filmnya. Film Barbie sendiri dibintangi oleh Margot Robbie dan Ryan Gosling yang berperan sebagai Barbie dan Ken. Kesuksesan Barbie ini juga yang kemudian membuat Mattel berusaha untuk melanjutkan tren positif mereka dengan mengadaptasi berbagai mainan lainnya

1 Oppenheimer dan Barbie

Film yang berasil cetak rekor box office yang sulit ditandingi terakhir adalah Oppenheimer dan Barbie. Sebenarnya, kesuksesan dari Barbie dan Oppenheimer ini mirip dengan Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame. Namun, yang kemudian membedakannya adalah pencapaian yang diraih oleh dua film ini tidak berasal dari satu studio yang sama. Kemudian, yang luar biasa adalah kedua film ini rilis di hari yang sama.

Oppenheimer dan Barbie sama-sama menjadi film sukses di tahun 2023. Mereka juga sama-sama berhasil meraih catatan rekor, sebagai film biopik paling sukses dan film adaptasi mainan paling sukses. Namun, selain rekor tersebut, Oppenheimer dan Barbie berhasil memecahkan rekor lainnya di mana dua film yang rilis di hari yang sama berhasil meraih kesuksesan yang sama.

Fenomena langka di industri perfilman ini kemudian lebih dikenal dengan sebutan ‘Barbenheimer.’ Meskipun pada awalnya kedua film ini nampak saling berkompetisi satu sama lain, yang terjadi justru kedua film ini sama-sama sukses besar. Dan fenomena seperti ini akan sulit terulang untuk beberapa dekade kedepan.

Industri film Hollywood selalu berhasil menghadirkan berbagai kejutan yang luar biasa, yang mana membuat film-film tersebut berhasil menghadirkan rekor box office. Contohnya adalah berbagai film di atas.

Exit mobile version