Joker adalah penjahat yang sering kali muncul dalam komik yang diterbitkan oleh DC Comics. Joker dikenal sebagai musuh utama dari Batman. Dinamika hubungan mereka memang sangat seru untuk kita simak. Mereka sering menjadi musuh, tetapi dalam beberapa cerita, mereka juga pernah bekerja sama. Kebalikan dari kebanyakan penjahat super, Joker sering kali tidak memiliki motif tertentu atau agenda kejahatan yang jelas. Dia lebih terkenal karena menciptakan kekacauan tanpa alasan tertentu. Nah menariknya, meski diketahui sebagai psikopat, Joker pernah memiliki beberapa kekasih. Siapa saja?

3Marian Drews

Sean Murphy pernah membuat sebuah miniseri berjudul White Knight. White Knight terjadi di alam semesta alternatif DC, di mana Joker menyembuhkan dirinya sendiri dari kegilaan dan hidup “normal” dengan menjadi Jack Napier. Jack menggunakan kewarasan dan kecerdasan barunya untuk merusak reputasi Batman yang diceritakan jahat dan mengembalikan kota Gotham ke masa kejayaan.

Dalam cerita ini, muncul seorang karakter bernama Marian Drews yang menjadi “Harley Quinn” kedua di alam semesta ini. Dia jatuh cinta kepada Joker, tetapi membenci Jack Napier dengan teramat sangat. Marian juga berperan sebagai salah satu antagonis utama dalam miniseri ini dan membantu membangkitkan Joker di dalam diri Napier. Yap, Marian mencoba untuk membangkitkan kembali sosok jahat Joker, agar Napier tak lagi ada.

Marian Drews sendiri dulunya adalah seorang teller bank yang tidak stabil secara emosional. Ketika Marian Drews menjadi jahat, dia kemudian menggunakan persona Neo Joker. Marian Drews lah yang menjadi pengganti Joker, sampai versi Joker asli kembali.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/