Middle-Earth merupakan sebuah dunia yang sangat kaya yang dipenuhi oleh berbagai macam makhluk dan ada beberapa yang dianggap paling kuat. Dalam cerita di trilogi The Lord of the Rings dan di film The Hobbit, berbagai makhluk yang ada di Middle-Earth memiliki peranan masing-masing terhadap berbagai kejadian yang ada. Bahkan, terkadang para makhluk tersebut melakukan interaksi dan bekerja sama dengan para karakter. Berikut adalah para makhluk terkuat di Middle-Earth.

8Watcher In The Waters

The Watcher dianggap sebagai monster yang paling misterius dalam certa garapan Tolkien ini. Dan sebenarnya, tidak ada nama resmi yang dibuat atau dihadirkan untuk makhluk tersebut. Selain itu, tidak jelas makhluk seperti apa dari The Watcher meskipun monster ini memiliki 21 tentakel dan juga secara bentuk mirip seperti gurita. Tolkien kemungkinan terinspirasi dari monster Kraken untuk membuat makhluk ini.

The Watcher muncul dari sebuah danau yang ada di depan gerbang Mines of Moria. Makhluk ini juga ternyata merupakan makhluk yang cukup cerdas, di mana dia berusaha untuk menggapai Frodo terlbih dahulu. Hal ini karena Frodo merupakan sosok penting pemilik cincinnya. Momen tersebut seolah memberikan petunjuk jika The Watcher juga sebenarnya mengincar kekuatan dari The Ring seperti yang lainnya.

Meskipun misterius, The Watcher sebenarnya memiliki satu informasi penting mengenai masa lalunya. Menurut Gandalf, mereka adalah makhluk yang “jauh lebih tua” dan juga “jauh lebih mengerikan dan jahat” dari para Orcs. Berdasarkan penjelasan tersebut, ada kemungkinan jika the Watcher merupakan makhluk kuno mengerikan lainnya yang bangkit akibat terganggu oleh keberadaan para kurcaci di Moria.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.