Series Echo perlihatkan sosok Wilson Fisk alias Kingpin ternyata berhasil selamat dari kematian seperti yang diperlihatkan di akhir series Hawkeye. Wilson Fisk alias Kingpin menjadi sosok penting dalam hidup Maya Lopez. Dialah yang membesarkan dan merawatnya hingga seperti saat ini. Sampai kemudian dia mengetahui fakta jika ayahnya tewas akibat dibunuh oleh Fisk. Di akhir series Hawkeye diperlihatkan Maya menembak Kingpin tepat di wajahnya. Namun, di series Echo nampak bagaimana Kingpin selamat dari kematian.

1Kekuatan Kingpin Di MCU

Dengan Kingpin yang terlihat jauh lebih kuat semenjak kemunculannya di MCU, hal ini pun memunculkan pertanyaan lain apakah artinya Kingpin sama sekali tidak bisa dilukai. Ketika menghadapi Kate Bishop di series Hawkeye, dia mampu menghancurkan sebuah pintu mobil dengan tangan kosong tanpa kesulitan. Dia juga selamat dari tabrakan mobil, ledakan, dan baru kemudian tidak sadarkan diri setelah menghantam sebuah pilar.

Manusia biasa jelas tidak akan bisa selamat dari semua luka tersebut, namun Fisk selalu digambarkan sebagai sosok yang memiliki kekuatan fisik yang mengerikan dan luar biasa. Kemungkinan pihak Marvel Studios memang sengaja merubah kemampuan dan kekuatan Kingpin di MCU untuk sesuai dengan apa yang dihadirkan di komiknya. Namun, bisa juga mereka menggabungkannya dengan apa yang sudah dihadirkan di series Daredevil versi Netflix.

Bila memang demikian, artinya bisa jadi Kingpin selalu mengenakan baju pelindung di balik jasnya tanpa orang ketahui sehingga selain tubuhnya yang memang sudah jadi armor level rendah dia juga melapisi dirinya lagi dengan baju pelindung level tinggi. Sehingga, hal itu bisa menjelaskan bagaimana dia selamat dari berbagai kejadian yang diperlihatkan di series Hawkeye.

Namun, satu hal yang pasti, Marvel Studios perlu series khusus atau sebuah arc yang menjelaskan tentang sosok Wilson Fisk dan bagaimana dia bisa menjadi sosok yang kuat. Episode terakhri Echo sudah memberikan titik awal asal-usul Kingpin, di mana dia selama ini selalu memendam dan menyimpan amarahnya. Mungkin, di season 2 atau di series Daredevil: Born Again kita akan mendapatkan penjelasan detil mengenai kekuatan Kingpin.

Berikutnya
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.