Sosok wakil admiral Smoker dalam cerita One Piece dianggap sebagai “kembaran” dari sosok Monkey D Luffy versi angkatan laut. Smoker merupakan sosok angkatan laut pertama yang diperlihatkan mengincar Luffy di awal cerita One Piece. Pertemuan pertama mereka di Loguetown sempat hampir membuat Luffy dipenjara, sebelum kemudian Dragon muncul dan menyelamatkan nyawanya. Yang menarik kemudian muncul teori di kalangan fans jika Smoker adalah “kembaran” dari Luffy versi angkatan laut.

2Smoker adalah kembaran Luffy

Lalu, dari mana kemudian dasar teori atau spekulasi yang berkembang di kalangan fans yang menyebutkan jika Smoker adalah “kembaran” dari Luffy versi angkatan laut? Menurut teorinya, hal ini muncul berdasarkan adanya beberapa kesamaan antara karakter Luffy dan Smoker. Misalnya, yang pertama adalah Luffy merupakan sosok bajak laut yang terinspirasi oleh Shanks mantan kru Gol D Roger.

Sedangkan, menurut teorinya, Smoker juga terinspirasi dari sosok Roger dan juga Garp serta sosok Monkey D Dragon yang merupakan putra dari Garp. Kemudian, Luffy merupakan bajak laut yang bercita-cita untuk menjadi seorang raja bajak laut. Sedangkan, Smoker memiliki cita-cita untuk bisa menjadi angkatan laut yang menangkap raja bajak laut, yang kemungkinan besar adalah Luffy.

Jika Luffy adalah saudara satu sumpah dari Portgas D Ace dan Sabo, maka Smoker dianggap sebagai saudara dari Aokiji dan Dragon. Beberapa poin di atas dianggap sebagai petunjuk yang menjelaskan jika Luffy dan Smoker merupakan karakter yang berada di satau koin yang sama dengan sisi yang berbeda. Jika Luffy adalah karakter yang berada di pihak bajak laut, maka Smoker adalah pihak yang berada di pihak angkatan laut.

Teori yang berkembang di kalangan fans ini rasanya cukup masuk akal, mengingat bagaimana Smoker nampak begitu terobsesi dengan sosok Luffy. Di sisi lain, Oda Sensei sendiri mengatakan bahwa dia sudah menghadirkan rival serta “kembaran” lain dari Luffy yang sama-sama berasal dari bajak laut, yaitu Eustass Kid. Jadi, Smoker sebagai “kembaran” Luffy versi angkatan laut mungkin bukan teori yang buruk.

Peran Smoker Di Masa Depan – Ke Halaman 3

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.