Dalam chapter baru manga Two Blue Vortex, sosok Uzumaki Boruto diperlihatkan resmi lampaui kekuatan Sasuke yang membuatnya jadi salah satu ninja terkuat. Sosok Uzumaki Boruto mengalami peningkatan kekuatan yang sangat pesat, yang mana membuat dia saat ini bisa dikatakan sebagai sosok shinobi paling kuat di dunia Boruto. Hal ini setelah diketahui jika Boruto resmi lampaui kekuatan dari Sasuke.

1Boruto Lampaui Kekuatan Sasuke

Dalam chapter sebelumnya di series manga Two Blue Vortex memperlihatkan Boruto berhasil mengikuti dan menyusup ke tempat persembunyian Code, yang berada di dalam dimensi Otsutsuki. Dan di sana, dia pun harus berhadapan dengan musuh barunya yaitu Pohon Suci. Dalam pertarungan menghadapi Pohon Suci tersebut, terungkap bagaimana makhluk tersebut membentuk makhluk baru.

Makhluk baru tersebut merupakan kloning dari korban yang terkena serangan Claw Grimes. Ini merupakan monster mengerikan yang berasal dari potongan tubuh monster ekor 10, yang kemudian berkembang sangat pesat berkat Code. Dalam chapter sebelumnya diperlihatkan bagaimana Claw Grimes itu sudah memakan beberapa korban. Mereka adalah Moegi, Bug, Sasuke, dan beberapa karakter misterius.

Meskipun dalam pertarungan menghadapi kloning Pohon Suci tersebut Boruto mampu menghadapi mereka dengan baik, hal ini menunjukan peningkatan kekuatan dari sang karakter. Dalam chapter 5 Boruto: Two Blue Vortex diperlihatkan momen kilas balik dari kebersamaan antara Boruto dan Sasuke. Chapternya dibuka dengan momen latihan antara kedua karakter.

Dalam latihan ini, ternyata Sasuke mengajari Boruto tentang gaya bertarung dari klan Uchiha. Kemudian, Boruto mendiskusikan tentang gaya bertarung klan Uchiha yang sudah dia pelajari kepada Sasuke. Meskipun Boruto mengajaknya bercanda, namun Sasuke benar-benar tidak merespon hal tersebut. Boruto sendiri kemudian meminta maaf setelah melihat ekspresi serius dari mentornya dan mengaku untuk lebih bisa melihat situasi.

Meskipun begitu, Boruto sendiri secara serius mengatakan bahwa dia memang ingin Sasuke mengajarinya lebih banyak tentang gaya bertarung dari klan Uchiha. Namun, Sasuke sendiri kemudian memuji Boruto. Dia mengaku jika Boruto sangat mirip dengan Naruto, di mana dia sangat cepat dalam mempelajari sesuatu atau Jutsu. Sasuke sendiri mengakui bahwa dia sudah tidak memiliki lagi teknik untuk diajarkan kepada Boruto.

Semua yang dia ketahui sudah Sasuke ajarkan dan sudah ada di dalam kepala dari Boruto. Namun, Sasuke sendiri memberi catatan kepada Boruto. Sasuke mengatakan jika Boruto perlu menguasai atau mempelajari lebih lanjut berbagai teknik tersebut. Namun, belum diketahui apakah Sasuke memang benar-benar sudah mengajari semua hal yang dia ketahui kepada Boruto.

Hal ini memang bukan tanpa alasan mengingat Sasuke adalah salah satu shinobi terkuat di dunia setelah Naruto. Bahkan, reputasinya ini pun banyak diakui oleh para karakter. Akan tetapi, dari ekspresi yang diperlihatkan oleh Sasuke dalam manganya sepertinya dia memang benar-benar sudah mengajari Boruto semua yang dia ketahui. Hal ini karena Boruto memang sangat cepat menyerap apa yang diajarkan.

Jika memang demikian, maka artinya saat ini kekuatan Boruto sudah setara dengan Sasuke. Bahkan, bukan tidak mungkin jika Boruto sudah resmi lampaui kekuatan dari Sasuke saat ini. Hal ini bisa dilihat dari berbagai kekuatan yang Boruto miliki, seperti Chidori yang diperlihatkan saat menghadapi kloning dari Pohon Suci tersebut. Kemampuan berpedang Boruto juga kemungkinan berasal dari Sasuke.

Selain gaya bertarung klan Uchiha, serta berbagai kekuatan epik lainnya, kita juga melihat bagaimana Boruto menguasai kekuatan dahsyat dari Naruto. Contohnya adalah bagaimana Boruto menguasai teknik Rasengan yang bahkan dia mampu kembangkan sendiri, Vanishing Rasengan atau bahkan Rasengan Uzuhiko. Dan yang paling baru adalah bagaimana Boruto juga menguasai teknik Sage Mode dari gunung Myoboku.

Jadi, secara tidak langsung Boruto sekarang sudah menguasai dua teknik epik dari klan Uchiha dan juga klan Uzumaki. Bahkan, dia juga menguasai teknik Sage Mode dari gunung Myoboku. Sehingga, rasanya memang masuk akal jika Boruto sekarang resmi lampaui dari kekuatan Uchiha Sasuke. Apakah artinya Boruto sekarang menjadi sosok shinobi paling kuat di dunia? Untuk saat ini, jika melihat pada hal di atas, artinya Boruto merupakan shinobi paling kuat di dunia meskipun masih perlu latihan yang lebih intensif lagi.

Berikutnya
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.