Meskipun sudah melakukan berbagai proses produksi mulai dari pengambilan gambar hingga editing, beberapa film ini justru gagal rilis. Dalam membuat sebuah proyek film, tentunya yang paling dinantikan oleh banyak orang adalah hasil dari film itu sendiri. Pasalnya, mereka udah bekerja keras untuk meluangkan waktu demi pengambilan gambar, editing, dan sebagainya, Namun, pada akhirnya, setelah selesai diproduksi film ini justru gagal rilis. Apa saja?

9The Day The Clown Cried

Bisa dibilang film The Day The Clown Cried sudah dianggap seperti halnya “legenda urban” di industri film. Film yang dibuat pada 1972 ini dibintangi oleh aktor Jerry Lewis yang berperan sebagai seorang badut di sebuah kamp khusus Perang Dunia 2 di Jerman. Jerry Lewis merupakan aktor yang terkenal karena komedinya. Pada awalnya, dia enggan untuk mengambil peran tersebut.

Namun, pada akhirnya, dia sepakat untuk menjadi bintang dan menjadi sutradara dari film itu. Hal ini karena Jerry merasa bahwa dia bisa menghadirkan sesuatu sambil juga menghadirkan sisi gelap dari momen holokaus. Sedari awal, film ini sudah mengalami banyak masalah seperti masalah finansial. Bahkan, Jerry Lewis sendiri yang kemudian harus mengeluarkan dana dari kantong pribadinya.

Masalah puncak yang berujung pada film ini akhirnya gagal rilis adalah ketika sang penulis filmnya, Joan O’Brien, protes terkait perubahan yang Lewis hadirkan terhadap skrip yang ada. Perubahan yang dihadirkan sendiri berkaitan dengan sifat dan karakter dari sang badut itu sendiri. Namun, dalam setiap wawancara yang dia lakukan Jerry Lewis mengaku bersyukur jika filmnya gagal rilis mengingat kualitas yang sangat buruk.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.