Dengan Saga terakhir series One Piece yang sudah mulai berjalan terdapat kemungkinan jika kru Topi Jerami akan ganti Thousand Sunny. Kru Topi Jerami sudah menjadikan kapal mereka sebagai salah satu kru dan bukan hanya sekedar sebuah alat transportasi yang membawa mereka menuju pulau terakhir. Mereka memiliki sebuah kapal yang kita kenal dengan nama Thousand Sunny. Apakah kru Topi Jerami akan ganti Thousand Sunny pada masa yang akan datang?

1Alasan Thousand Sunny Tidak Terganti

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa kita tarik kesimpulan jika Eiichiro Oda tidak akan ganti kapal Thousand Sunny yang jadi kapal kru Topi Jerami tersebut. Mengapa? Ada beberapa alasan utama yang mendukung penjelasan di atas. Pertama, Thousand Sunny terbuat dari material langka yang tidak lain adalah Kayu Mustika Adam atau Kayu Adam. Ini adalah material yang sangat tangguh dalam hal daya tahan.

Karena memiliki daya tahan yang luar biasa, wajar jika kemudian Franky menggunakannya untuk membangun Thousand Sunny. Seperti yang disebutkan di atas, bahkan Gol D Roger juga menggunakan material kayu ini untuk membangun Oro Jackson ketika Tom membuatnya. Dan seperti yang kita ketahui, dengan menggunakan kapal Oro Jackson sosok Roger berhasil mengelilingi Grand Line dan mencapai Laugh Tale serta menjadi raja bajak laut.

Jadi, dengan menggunakan logika yang sama, artinya kapal Thousand Sunny akan memiliki durabilitas atau daya tahan yang sangat luar biasa dengan kapal Oro Jackson yang akan mampu membuat kru Topi Jerami pergi melintasi Grand Line dan mencapai Laugh Tale. Kemudian, alasan kedua adalah Thousand Sunny memiliki koneksi atau relevansi dengan alur cerita One Piece.

Bagian ornamen kepala di kapal tersebut merupakan wajah dari seekor singa dengan ukuran yang besar. Terdapat dua tulang belulang yang mirip dengan sebuah simbol bendera bajak laut. Di sisi lain, form awakening dari buah iblis Luffy, Hito Hito no Mi, Model: Nika, yaitu Gear 5 membuatnya bisa berubah wujud menjadi sosok legendaris Sun God Nika dengan kekuatan yang dahsyat.

Jika Geeks perhatikan, simbol Sunny dan kepala singa tersebut seolah memiliki koneksi dengan matahari. Sehingga, rasanya sudah jelas jika Thousand Sunny merupakan kapal yang ditakdirkan untuk membawa sang Dewa Matahari Nika, Luffy, beserta krunya untuk bisa mewujudkan tujuan dan takdirnya. Selain itu, Thousand Sunny juga seolah jadi cara untuk mewujudkan mimpi Luffy menjadi raja bajak laut.

Selain dua alasan utama di atas, ada satu alasan lainnya mengapa kru Topi Jerami tidak akan mengganti Thousand Sunny sebagai kapal mereka. Thousand Sunny merupakan kapal terkuat saat ini. Bahkan, bisa dibilang sistem persenjataan dari Sunny jauh lebih dahsyat dari kapal perang angkatan laut. Hal ini bisa jadi karena Franky menggunakan cetak biru dari salah satu Senjata Kuno, Pluton, untuk membangun Thousand Sunny.

Franky adalah seseorang yang sangat tergila-gila dengan senjata. Sehingga, tentu masuk akal jika kemudian hasil karyanya juga akan memiliki banyak peralatan perang yang digunakan baik untuk menyerang musuh atau melindungi kapal tersebut. Thounsand Sunny sendiri memiliki berbagai jenis meriam yang menarik. Yang pertama, yang mungkin paling menarik dan paling populer adalah meriam Coup de Burst.

Thousand Sunny membutuhkan tiga tong cola untuk mengisi tenaga dari meriam besar tersebut. Efek yang ditimbulkan dari menembakan Coup de Burst adalah Sunny mampu terbang sepanjang satu kilometer. Ini merupakan senjata andalan untuk keluar dari situasi genting. Meriam Coup de Burst sendiri terletak di bagian belakang kapal. Sedangkan, di bagian depannya terdapat sebuah meriam yang disebut sebagai Gaon Cannon atau meriam Gaon.

Meriamnya sendiri tersembunyi dalam mulut kepala Sunny dan mampu menembakan udara yang bisa dipadatkan dan menciptakan efek menghancurkan yang dahsyat. Meriam ini pernah digunakan untuk menghancurkan seluruh markas Duval. Sejauh ini, persenjataan dari Thousand Sunny tersebut baru digunakan satu hingga dua kali saja yang mana membuat para fans penasaran dengan aksi lain dari kapal ini.

Berikutnya
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.