Home OTAKU OTAKU FEATURES 11 Anime Bergenre Supranatural Terbaik!

11 Anime Bergenre Supranatural Terbaik!

Meskipun genre aksi atau slice of life mendominasi industri anime saat ini, beberapa anime bergenre supranatural terbaik juga bisa jadi pilihan tontonan lainnya. Seperti yang Geeks ketahui, anime saat ini begitu dikuasai oleh beberapa genre seperti aksi, romansa, slice of life, dan sebagainya. Namun, ada juga beberapa anime bergenre supranatural terbaik yang bisa jadi alternatif tontonan bagi Geeks yang tidak kalah menarik. Berikut adalah daftarnya.

11 Kekkaishi

Anime bergenre supranatural terbaik yang pertama adalah Kekkaishi. Jika Geeks senang degan anime bergenre supranatural, tetapi terdapat kombinasi aksi khas dari genre shonen, maka Kekkaishi adalah pilihan yang tepat untuk Geeks tonton. Seriesnya menghadirkan tradisi berburu hantu ala Jepang dan juga berbagai folklore atau cerita rakyat Jepang yang berkaitan dengan hantu.

Ceritanya sendiri berfokus pada para penerus dari dua klan penguasa teknik sihir tingkat tinggi, Yoshimori dan Tokine. Mereka adalah klan rival yang diberi tugas selama ratusan bahkan ribuan tahun untuk menjaga situs gerbang Karasumori dari serangan para iblis. Ketika malam hari, mereka akan berlatih Kekkai, sebuah kemampuan untuk menghadirkan pelindung untuk menyegel para hantu atau iblis.

Sementara, pada siang harinya, mereka tidak ada bedanya dengan para remaja lainnya yang pergi ke sekolah. Series ini juga menghadirkan elemen dari genre lainnya yang tentunya menarik dan tidak membosankan. Dan tidak lupa juga elemen cerita sahabat menjadi cinta muncul dalam ceritanya. Total ada kurang lebih 52 episode yang bisa Geeks tonton jika penasaran dengan seriesnya.

10 Noragami

Masih dari anime bergenre supranatural terbaik yang menggabungkan genre lainnya dalam menghadirkan ceritanya. Noragami berhasil menggabungkan aks, komedi, dan juga mitologi dari kepercayaan Shinto. Seriesnya memperkenalkan sosok Yato, sosok dewa yang kurang begitu populer di mana dia tidak memiliki kuil untuknya. Dia juga bahkan tidak memiliki banyak pengikut.

Berjuang untuk meraih namanya sendiri, kehidupan Yato kemudian berubah ketika bertemu dengan Hiyori Iki, seorang wanita manusia yang harus terjebak antara dunia para dewa dan juga arwah. Bersama dengan senjata andalannya, Yukine, Yato kemudian menjalani berbagai misi mulai dari melakukan kebaikan biasa sampai menghadapi sosok yang jahat seperti Ayakashi.

Selain menghadirkan cerita tentang hubungan antar karakter utama, seriesnya juga mengeksplor tema seperti indentitas dan berbagai hal lain. Noragami juga mampu menghadirkan humor dan drama dengan seimbang, sambil juga bisa menghadirkan berbagi kisah-kisah menarik dari cerita rakyat Jepang. Hubungan antara manusia dan alam para arwah dan dewa yang menjadi setting ceritanya juga bisa jadi daya tarik lain dari series ini.

9 The Ancient Magus’ Bride

Chise Hatori, gadis berusia 15 tahun, mendapatkan kemampuan untuk bisa melihat makhluk dari dunia atau alam lain. Akibat kekuatan tersebut hidupnya berubah menjadi sangat menderita. Kemampuan ini juga yang membuat Chise akhirnya ditinggalkan oleh kedua orang tuanya saat masih kecil. Tanpa berpikir panjang Chise memutuskan untuk menjual dirinya sendiri demi menemukan sebuah tempat yang dia anggap sebagai rumah.

Chise kemudian terjual kepada makhluk mengerikan bernama Elias Ainsworth, di mana dia kemudian dianggap sebagai asistennya dan juga tunangannya. Chise dan Elias pun kemudian pergi ke dunia fantasi di mana sosok seperti Elias berada. Meskipun begitu, Chise belajar sesuatu bahwa keluarga bisa ditemukan di mana saja meskipun keluarga itu bukanlah keluarga yang sebenarnya.

Alur cerita dari seriesnya mampu mengeksplor dengan baik kompleksitas dari sebuah hubungan dan juga perkembangan seseorang. Ceritanya berbanding terbalik dengan kebanyakan genre fantasi lain yang indah dan menarik. Para penonton juga diajak untuk melihat pengalaman manusia yang yang harus berinteraksi dengan makhluk mistis dan berasal dari dunia lain. Inilah yang kemudian membuat The Ancient Magus’s Bride jadi salah satu anime bergenre supranatural terbaik.

8 Mushishi

Ini adalah series anime bergenre supranatural lainnya yang menghadirkan keunikan tema cerita. Jika umumnya anime bergenre supranatural menghadirkan elemen hantu, mitologi, dan sebagainya, justru Mushishi menghadirkan sesuatu yang unik. Ceritanya sendiri berfokus pada seorang karaketr pria bernama Ginko. Dia adalah seorang “Mushishi” penyendiri yang melakukan investigasi terhadap “Mushi.”

“Mushi” sendiri merupakan sebuah entitas supranatural primitif yang menyebabkan fenomena misterius yang terjadi di dunia tersebut. Mereka memiliki bentuk yang sangat mirip dengan berbagai makhluk hidup contohnya adalah serangga, bakteria, atau bahkan tanaman. Biasanya, “Mushi” tidak bisa terlihat atau bahkan tidak diketahui oleh sebagian besar umat manusia.

Memiliki setting di alam, yang jadi salah satu keunikan dan daya tarik dari seriesnya, Mushishi memperlihatkan bagaimana Ginko bertemu dengan orang-orang yang terinfeksi oleh Mushi tersebut. Dia kemudian memanfaatkan pengetahuannya tentang Mushi untuk menyembuhkan penyakit tersebut dan menghentikan fenomena aneh yang terjadi di dunia itu. Seriesnya berhasil memperlihatkan hubungan simbiosis antara manusia dan alam.

7 Natsume’s Book Of Friends

Untuk Geeks yang mungkin tidak terlalu senang dengan tema cerita yang berat atau rumit, terdapat pilihan series anime bergenre supranatural terbaik lainnya yaitu Natsume’s Book Of Friends. Seriesnya berfokus pada cerita dari sosok Takashi Natsume, seorang murid SMA yang sangat baik hati. Dia memiliki sebuah kelebihan, di mana dia bisa melihat makhluk halus atau hantu.

Setelah mewarisi sebuah buku misterius dari neneknya, Natsume kemudian menemukan jika buku warisan neneknya tersebut bukanlah buku biasa. Di dalam buku tersebut terdapat banyak sekali nama yang berisi nama-nama hantu yang pernah dikalahkan oleh neneknya. Para hantu tersebut bahkan mau mengikuti apapun perintah dari sang nenek. Dari sinilah petualangan Natsume dimulai.

Takashi Natsume berusaha untuk membebaskan para hantu yang dikalahkan dan ditangkap oleh neneknya tersebut. Dalam prosesnya, dia justru menjalin hubungan pertemanan yang baik dengan para hantu tersebut. Takashi juga bahkan pada akhirnya belajar banyak tentang keluarganya dan juga tentang dunia para arwah. Dengan sedikit humor dan alur cerita emosional yang mendalam, seriesnya bisa jadi pilihan tontonan menarik untuk Geeks.

6 Parasyte: The Maxim

Jika biasanya kebanyakan cerita horor bergantung pada unsur supranatural atau hal klasik lainnya seperti pembunuh berantai yang misterius, series Parasyte: The Maxim menghadirkan sesuatu yang tidak kalah mengerikan yaitu teror yang berdasarkan fiksi ilmiah. Bisa dibilang, series ini menggabungkan elemen horor dan juga unsur-unsur supranatural yang menarik.

Seriesnya sendiri berfokus pada sosok seorang murid SMA bernama Shinichi Izumi, yang mana suatu hari dia terinfeksi oleh makhluk alien parasit bernama ‘Parasyte.’ Dalam ceritanya, hampir semua manusia yang terinfeksi oleh alien parasit tersebut akan tewas. Namun, ajaibnya, Izumi justru selamat dan bertahan hidup. Meskipun begitu, efek samping dari hal ini adalah tubuhnya berubah jadi bentuk yang aneh.

Tangan kanannya memiliki pikirannya sendiri dan mampu berubah menjadi bentuk dan sosok yang mengerikan. Shinichi pun kemudian memutuskan untuk menggunakan “kekuatan” miliknya untuk mencegah serangan dari alien Parasyte lainnya terhadap manusia. Mereka menganggap manusia sebagai mangsa. Ulasan mengenai seriesnya sendiri sangat baik sehingga rasanya tidak ada salahnya untuk menyaksikan series ini.

5 Bleach

Sebagian besar Geeks tentunya sudah sangat mengenal series anime Bleach. Ini adalah salah satu dari tiga series besar yang muncul di Shonen Jump, selain Naruto dan One Piece. Wajar jika series animenya pun sangat populer, di mana diketahui seri animenya berjalan selama 366 episode yang berlangsung dari 2004 sampai 2012. Seriesnya berfokus pada sosok Ichigo Kurosaki.

Ichigo Kurosaki adalah seorang murid SMA yang juga sekaligus sosok penting yang bergabung dengan Soul Reaper, kelompok yang bertugas melindungi manusia dari arwah jahat. Sebenarnya, pada awalnya, series Bleach berjalan cukup baik dan luar biasa. Sampai kemudian ratingnya mulai perlahan turun, yang membuat seriesnya dibatalkan sebelum arc terakhirnya dimulai, yaitu Thousand Year Blood War, yang memperlihatkan para Quincy yang kembali bertarung menghadapi para Shinigami.

Namun, di tahun 2023 ini seriesnya kembali melanjutkan bagian kedua dari arc tersebut yang sukses kembali merebut perhatian para fans lama ataupun fans baru. Dan di tahun 2024 mendatang, Bleach jadi salah satu series anime yang dinantikan oleh para fans karena menghadirkan bagian selanjutnya dari arc terakhir itu. Geeks bisa mulai menyaksikan seriesnya sebelum menonton musim terbaru para 2024 mendatang.

4 Death Note

Death Note juga merupakan salah satu anime bergenre supranatural terbaik yang tentunya sudah tidak asing lagi di benak banyak Geeks. Shinigami atau dewa kematian memiliki bentuk yang menyeramkan. Namun, bentuk yang menyeramkan tersebut yang kemudian menjadi daya tarik bagi genre supranatural seperti Death Note. Series Death Note bercerita tentang sebuah buku catatan yang unik.

Sesuai dengan namanya, Death Note merupakan sebuah buku catatan yang memiliki kekuatan dahsyat. Siapapun nama yang tertulis dalam buku tersebut, maka mereka akan tewas dalam 40 detik akibat serangan jantung. Pemiliknya juga bisa menentukan skenario kematian seperti apa bagi korbannya. Light Yagami, salah satu protagonis utama seriesnya, adalah salah satu pemilik dari Death Note.

Dalam ceritanya, Light menggunakan buku tersebut untuk menghabisi nyawa orang-orang yang menurutnya adalah sosok jahat. Namun, hal ini justru membuat Light Yagami bertindak sebagai “dewa” dengan menggunakan nama samaran Kira. Dialah yang menentukan apakah seseorang akan hidup atau mati. Death Note menghadirkan nuansa supranatural yang kental, terutama mengenai kematian.

3 Demon Slayer

Demon Slayer atau Kimetsu no Yaiba adalah salah satu series anime yang sangat populer. Kepopuleran dari series ini dalam beberapa tahun belakangan benar-benar sangat luar biasa. Bahkan, series ini berhasil mendapatkan banyak penghargaaan serta mencatatkan berbagai rekor. Demon Slayer sempat berhasil menyalip kepopuleran dari One Piece dan menjadi seri yang banyak diperbincangkan bukan hanya di seluruh Jepang, tapi juga di seluruh dunia.

Demon Slayer sendiri menceritakan sosok Tanjiro Kamado yang berjuang untuk menyelamatkan adiknya, Nezuko Kamado, yang terkena gigitan dari raja iblis. Hal itu membuat Nezuko perlahan bertransformasi menjadi iblis. Tanjiro bersama sang adik kemudian berpetualang untuk mencari cara agar Nezuko bisa kembali menjadi manusia seperti semula.

Petualangan untuk menyelamatkan sang adik inilah yang membuat Tanjiro banyak bertemu dengan karakter baru dan juga hal menarik lainnya. Anime dari Demon Slayer sendiri sangat sukses melahirkan tiga musim dan saat ini para fans tengah menantikan musim keempat dari seriesnya. Dan salah satu hal yang banyak dipuji dari series ini adalah kualitas animasi dan juga koreografi bertarungnya.

2 Yu Yu Hakusho

Bersama Naruto dan Dragon Ball Z, series animasi Yu Yu Hakusho menjadi salah satu series yang paling populer di dunia. Cerita yang menarik dan karakter yang unik membuat banyak orang tertarik dengan series ini, termasuk para villainnya. Ceritanya sendiri berfokus pada Yusuke Urameshi yang dipaksa menghadapi berbagai monster baik di dunia nyata ataupun di dunia iblis.

Yusuke sendiri merupakan seorang murid SMA yang sangat gemar berkelahi. Kehidupannya sebagai berandalan kemudian berubah ketika dia tewas akibat menyelamatkan seorang anak kecil. Yusuke pun kemudian dihadapkan pada dua pilihan, yaitu langsung pergi ke alam baka atau kembai bereinkarnasi dengan misi tertentu untuk menjadi sosok Detektif Roh. Dan akhirnya, Yusuke pun memilih untuk kembali hidup.

Yu Yu Hakusho menghadirkan elemen klasik dari series anime, yang tentunya menarik untuk Geeks ikuti ceritanya. Selain menghadirkan elemen supranatural dalam ceritanya, Geeks juga bisa menikmati alur cerita dengan berbagai aksi yang menarik. Hal ini mengingat Yusuke merupakan salah satu karakter terkuat dan seorang petarung yang sangat handal. Series versi live-actionnya sendiri akan rilis pada 14 Desember mendatang di platform Netflix.

1 Jujutsu Kaisen

Anime bergenre supranatural terbaik yang terakhir yang sedang populer tidak lain adalah Jujutsu Kaisen. Series karya Gege Akutami ini menghadirkan cerita tentang sebuah dunia di mana emosi negatif dalam diri manusia merupakan sumber energi yang sangat besar bagi para monster kutukan. Mereka lahir dari emosi negatif umat manusia tersebut dan para monster kutukan ini sering meneror manusia.

Ketika manusia biasa tidak mampu untuk menangani para monster kutukan tersebut, maka dunia akan memanfaatkan para penyihir Jujutsu untuk melakukannya. Merekalah yang mampu mengubah energi negatif tersebut menjadi sumber kekuatan dalam menghadapi monster kutukan. Series ini benar-benar menghadirkan elemen supranatural yang kental dan menarik.

Hal ini bisa dilihat dari berbagai kemampuan dari para penyihir Jujutsu, elemen-elemen yang mereka gunakan dalam ceritanya, bahkan para karakter di dalamnya juga terinspirasi dari sosok mitologi nyata di Jepang. Contohnya adalah Sukuna, yang di seriesnya merupakan sosok raja kutukan. Di mitologi Jepang sendiri Sukuna adalah sosok yang mengerikan yang mana rasanya memang cocok untuk series tersebut menjadikannya sosok terkuat.

Genre supranatural dalam series anime mungkin tidak terlalu populer jika dibaningkan dengan beberapa genre lainnya. Meskipun begitu, ada beberapa anime bergenre supranatural terbaik yang bisa jadi alternatif tontonan bagi para fans yang ingin menyaksikan series tersebut.

Exit mobile version