Home OTAKU OTAKU FEATURES One Piece: 9 Kelemahan Alami Buah Iblis!

One Piece: 9 Kelemahan Alami Buah Iblis!

Meskipun buah iblis merupakan salah satu kekuatan terbesar dalam cerita One Piece, namun kekuatan ini juga memiliki kelemahan alami yang mungkin tidak banyak disadari. Seperti yang Geeks ketahui, mereka yang memiliki kekuatan buah iblis tentunya akan berubah menjadi sosok karakter yang sulit untuk dikalahkan oleh musuhnya. Apalagi jika musuhnya tidak memiliki kekuatan buah iblis tandingan atau Haki. Meskipun begitu, yang menarik kemudian adalah ada beberapa kelemahan alami dari beberapa buah iblis yang mungkin tidak banyak disadari para fans. Apa saja?

9 Serangan Fisik

Kelemahan alami dari buah iblis yang pertama adalah serangan fisik, kelemahan paling dasar yang mungkin bisa saja dilakukan oleh orang lain. Kelemahan alami ini dimiliki oleh buah iblis Bara Bara milik salah satu Yonko, Buggy. Buggy, seperti yang Geeks ketahui, merupakan salah satu karakter yang paling populer dan merupakan salah satu karakter yang muncul di awal cerita.

Dia adalah mantan rekan dari Shanks si rambut merah. Buggy sendiri mengkonsumsi buah iblis Bara Bara no Mi atau Chop-Chop Fruit, di mana semua anggota tubuhnya bisa berpisah dalam jangkauan tertentu. Sayangnya, meskipun kekuatannya ini terdengar luar biasa, justru buah iblis ini tidak terlalu orang perhatikan alias sangat underrated. Dalam peristiwa pertempuran di Marineford Buggy tidak berpengaruh apa pun terhadap serangan Mihawk yang terkenal dahsyat.

Buah iblis ini juga sudah melindungi Buggy dari musuh berbahaya lainnya. Meskipun sangat underrated dengan kekuatannya tersebut, Bara Bara no Mi memiliki satu kelemahan alami yang sangat mendasar yaitu serangan fisik. Mayoritas pengguna buah iblis tidak akan terpengaruh oleh serangan fisik biasa. Namun, Buggy akan merasakan sakit dalam serangan fisik yang dia terima. Inilah alasannya Buggy nampak selalu menghindari serangan fisik yang mengarah kepadanya, tetapi tidak takut ketika menghadapi searangan kuat seperti tebasan Mihawk.

8 Elemen Air

Elemen air jadi kelemahan alami buah iblis selanjutnya. Sebagian Geeks mungkin lupa jika ada buah iblis yang bisa dilemahkan dengan menggunakan air atau cairan. Salah satunya adalah buah iblis Suna Suna. Suna Suna no Mi atau Sand Sand Fruit merupakan buah iblis yang memberikan penggunanya kemampuan untuk bisa berubah menjadi manusia pasir. Pemilik kekuatan buah iblis ini adalah Crocodile, yang merupakan mantan Shichibukai.

Yang menarik adalah diantara buah iblis berjenis Logia lainnya buah iblis ini bisa dibilang sangat unik karena mampu merubah seseorang menjadi pasir. Selain mampu berubah menjadi pasir, Crocodile juga mampu menyerap kelembapan seseorang atau sesuatu. Dia pun bisa menciptakan sebuah pasir hisap yang membuat lawannya tidak berdaya seperti saat menghadapi Luffy.

Dalam arc Alabasta, Luffy benar-benar kewalahan saat menghadapi Crocodile di mana dia sampai dua kali kalah dari sang mantan Shichibukai. Nyawa Luffy juga hampir saja melayang dalam pertarungan tersebut. Luffy kemudian berhasil mengalahkan Crocodile setelah mengetahui apa yang menjadi kelemahannya yang tidak lain adalah air. Dengan menggunakan air atau cairan, Crocodile tidak bisa mengendalikan pasir karena pasirnya berubah jadi padat.

7 Elemen Air Dalam Jumlah Besar

Selain buah iblis Suna Suna, buah iblis yang juga memiliki kelemahan alami terhadap elemen air adalah Bisu Bisu no Mi. Charlotte Cracker merupakan anak tertua kesepuluh dari keluarga Charlotte dan juga merupakan salah satu kepala divisi di kelompok bajak laut Big Mom. Dia adalah kepala menteri biskuit (Minister of Biscuit). Cracker sendiri memiliki julukan “Thousand Arms” yang mana julukan tersebut dikarenakan kemampuan hebatnya dalam menggunakan pedang.

Selain kemampuan berpedang, Charlotte Cracker juga memiliki kekuatan buah iblis Bisu Bisu di mana dia mampu menciptakan pasukan yang terbuat dari biskuit. Buah iblis ini berjenis Paramecia dan untuk menciptakan pasukan yang terbuat dari biskuit yang perlu Cracker lakukan hanyalah bertepuk tangan. Jika Cracker mau, dia bisa menciptakan pasukan raksasa dari biskuit.

Dan yang menarik adalah Cracker bisa bersembunyi di dalam monster biskuit tersebut serta bisa bertahan dari serangan dahsyat, seperti yang dia lakukan saat bersembunyi dari Gear 4 Luffy. Meskipun kuat menahan serangan Gear 4 Luffy, kekuatan buah iblis ini ternyata lemah terhadap air. Tetapi, memang butuh jumlah air yang sangat besar untuk bisa melemahkan kekuatan buah iblisnya.

6 Api

Gas Gas Fruit atau Gasu Gasu no Mi adalah buah iblis Logia yang membuat penggunanya mampu berubah menjadi gas atau memanipulasi gas. Mantan ilmuwan angkatan laut, Caesar Clown, merupakan pemilik dari buah iblis ini. Dengan menggunakan kemampuan buah iblisnya ini, Caesar berusaha mewujudkan mimpinya untuk menjadi ilmuwan nomor satu di dunia mengalahkan Vegapunk.

Sayangnya, seperti halnya Crocodile, Caesar merubah kemampuan pengendalian gas miliknya ini untuk berbuat kejahatan. Contohnya adalah menciptakan senjata yang bisa menghancurkan satu wilayah. Caesar pun bahkan menciptakan “makhluk hidup” yaitu Smiley dari kemampuannya untuk memadatkan gas. Wajar jika pengguna kekuatan ini menjadi salah satu ancaman besar dunia.

Kelemahan terbesar dari buah iblis Gasu Gasu adalah api, yang mana ketika gas bertemu dengan api maka ledakan besar pun akan terjadi. Tetapi, memang, Oda Sensei tidak memperlihatkan hal tersebut dalam ceritanya karena Caesar Clown berhasil dikalahkan oleh serangan Haki. Selain itu, Caesar Clown juga mampu menghilangkan oksigen dari gas yang dia ciptakan sehingga api tidak akan menghasilkan ledakan.

5 Lahar/Magma

Geeks mungkin sudah tahu kekuatan buah iblis apa yang menghadirkan lahar atau magma sebagai kelemahan alami buah iblisnya. Buah iblis tersebut tidak lain adalah Mera Mera. Seperti yang Geeks ketahui, Mera Mera adalah buah iblis berjenis Logia yang pertama kali digunakan oleh Ace. Kemampuan utamanya adalah mengendalikan dan memanipulasi api.

Pengguna buah iblis ini akan mampu menggunakan, mengendalikan, dan memanipulasi api sesuka hati mereka. Namun, sayangnya, Ace harus tewas dalam peristiwa di Marineford. Beruntung, buah iblis ini kemudian berhasil menjadi milik Sabo setelah Luffy memberikannya di Dressrosa. Meskipun saat ini buah iblis Mera Mera kemampuannya sudah meningkat pasca diberikan kepada Sabo, namun hal itu tetap tidak menutupi kelemahan alami buah iblis ini.

Kelemahan alami dari buah iblis api ini tidak lain adalah lahar atau magma. Bukti nyata dari hal tersebut bisa kita lihat di pertempuran Marineford, yang mana Akainu sendiri mengatakan jika api dari buah iblis milik Ace masih bisa terbakar oleh lahar atau magma dari buah iblis miliknya, Magu Magu. Dan organ dalam dari tubuh Ace juga terbakar setelah terkena serangan magma Akainu.

4 Karet

Goro Goro no Mi atau Rumble Rumble Fruit dikonsumsi oleh mantan penguasa di wilayah pulau langit, yaitu Enel. Dengan mengonsumsi buah iblis ini, Enel mampu merubah dirinya menjadi seorang manusia petir. Dengan memanfaatkan buah iblis tersebut itu juga Enel menjadi penguasa di wilayah pulau langit dan menindas para penduduk lainnya. Buah iblis ini menjadi salah satu buah iblis Logia paling dahsyat selain magma dan api.

Kedahsyatan dari kekuatan listrik buah iblis ini adalah bagaimana Enel mampu menghasilkan listrik dengan tegangan sampai 200 juta volt. Artinya siapa pun yang melakukan kontak fisik langsung dengan Enel, maka mereka akan langsung merasakan efeknya. Meskipun begitu, Goro Goro no Mi diperlihatkan tidak mempan terhadap karet karena karet memang bukan penghantar listrik yang baik.

Inilah alasan utama Luffy berhasil mengalahkan Enel dalam arc Skypiea. Ketika dia menggunakan buah iblis miliknya, Enel terkejut karena Luffy nampak tidak bereaksi apapun. Bahkan, buah iblisnya nampak tidak memiliki efek apapun terhadap Luffy. Padahal, serangan buah iblis Goro Goro sangat berefek kepada kru Topi Jerami lainnya serta penduduk pulau langit.

3 Benda Tajam

Gomu Gomu no Mi atau Hito Hito No Mi, Model: Nika merupakan buah iblis paling kuat dalam cerita One Piece. Monkey D Luffy merupakan pengguna dari buah iblis tersebut, di mana seluruh tubuhnya bisa berubah menjadi karet. Dengan kekuatan buah iblis tersebut Luffy kini berubah menjadi sosok yang mengerikan, di mana dia sudah mampu mengalahkan banyak orang dan juga karakter kuat.

Meskipun buah iblis karet dari Luffy ini memiliki kekuatan yang dahsyat, namun buah iblis tersebut memiliki kelemahan alami yaitu sayatan dari benda tajam. Geeks mungkin masih ingat dengan peristiwa Luffy saat berada di Marineford. Ketika hendak menyelamatkan Ace, Luffy harus berhadapan dengan Mihawk. Saat itu, Luffy menyadari jika dia terkena serangan Mihawk maka dia tidak akan selamat.

Inilah yang kemudian membuat Luffy melibatkan Buggy sebagai perisai hidupnya. Dalam beberapa cerita juga diperlihatkan bagaimana Luffy harus terluka setelah terkena serangan benda tajam. Misalnya saat Luffy terluka akibat serangan pisau Buggy. Buah iblis Luffy mungkin mampu menahan peluru dan hal lainnya, namun untuk serangan benda tajam maka buah iblis ini tidak akan mampu menahannya kecuali melapisinya dengan Haki.

2 Batu Laut

Geeks mungkin heran dengan poin ini, namun batu laut termasuk kelemahan alami dari buah iblis. Batu laut merupakan sebuah material unik di mana terdapat senyawa Pyrobloin yang mampu menetralkan kekuatan buah iblis. Batu laut ini biasanya menjadi material untuk membuat borgol yang angkatan laut miliki. Karena, dengan adanya batu laut di borgol tersebut mereka yang memiliki kekuatan buah iblis tidak akan mampu berbuat banyak.

Batu laut diketahui banyak ditemukan di wilayah Wano. Bahkan, Wano merupakan negara penghasil batu laut terbesar di dunia One Piece yang mana inilah alasan mengapa Kaido dan Orochi mengeksploitasinya untuk keuntungan mereka. Alasan mengapa Wano jadi penghasil terbesar batu laut adalah karena kandungan Pyrobloin tersebut bisa ditemukan di negara ini berkat adanya gunung Fuji.

Menurut penjelasan dalam ceritanya, Pyrobloin adalah zat atau materi yang terlempar ke udara oleh letusan gunung berapi. Wano memiliki satu gunung berapi aktif yang ada di tengah-tengah wilayahnya yang tidak lain adalah gunung Fuji. Semua kekuatan buah iblis dalam cerita One Piece mampu dilemahkan dan dinetralkan oleh batu laut ini yang mana ini jadi salah satu kelemahan alami dari batu laut.

1 Kegelapan

Kelemahan alami buah iblis yang terakhir adalah kegelapan. Hampir semua serangan dan kekuatan buah iblis dalam cerita One Piece lemah terhadap kegelapan. Hal ini bisa kita lihat dari buah iblis Yami Yami yang dimiliki oleh Blackbeard. Buah iblis ini memberikan penggunanya kemampuan untuk bisa mengendalikan atau berubah menjadi sebuah kegelapan yang kekuatannya sangat dahsyat.

Selain mampu menyerap apa pun, Yami Yami no Mi juga bisa membuat penggunanya menetralisir kekuatan buah iblis lain. Hal inilah yang terjadi kepada Ace saat bertarung melawan Blackbeard. Dia juga jadi satu-satunya orang yang mampu menahan serangan dahsyat dari Gura Gura no Mi milik Whitebeard. Kekuatan buah iblis lainnya tidak mampu untuk menahan serangan dahsyat tersebut.

Yang menarik adalah kegelapan sepertinya memang menjadi kelemahan terbesar dari semua buah iblis, karena sosok penguasa dunia, Im, juga kemungkinan memiliki kekuatan yang berkaitan dengan kegelapan. Sayangnya, Oda Sensei masih belum banyak memberikan informasi detil mengenai kegelapan tersebut dan juga efek lebih jauh terhadap kekuatan buah iblis lain.

Ternyata, tidak selamanya buah iblis menjadi sumber kekuatan dahsyat di cerita One Piece. Karena, pada kenyataanya, buah iblis juga memiliki kelemahan alami selain Haki. Dan beberapa poin di atas adalah contoh deretan kelemahan alami buah iblis dalam alur cerita One Piece.

Exit mobile version