Home COMIC COMIC FEATURES Berbagai Senjata Thor Selain Mjolnir!

Berbagai Senjata Thor Selain Mjolnir!

Thor dan Mjolnir sepertinya menjadi satu paket yang tidak bisa dipisahkan. Berbeda dengan mitologi Nordik asli, dalam alam semesta Marvel, Odin adalah pencipta Mjolnir. Odin menyematkan kekuatan magis dan kebijaksanaannya ke dalam palu tersebut. Mjolnir hanya dapat diangkat oleh mereka yang dianggap “worthy”. Hanya mereka yang memiliki hati bersih dan niat baik yang dapat mengangkat dan menggunakan Mjolnir. Menariknya nih Geeks, di Marvel Comics, Thor tidak hanya menggunakan Mjolnir sebagai senjata utama. Ternyata Thor juga pernah menggunakan senjata lainnya yang tak kalah epik. Apa saja senjata Thor selain Mjolnir?

5 Strombreaker

Dalam komik, Strombreaker sebenarnya berbeda jauh dari versi MCU. Jika di MCU Strombreaker benar-benar diciptakan untuk Thor, Strombreaker di komik justru diciptakan untuk digunakan sebagai senjata Beta Ray Bill. Strombreaker tercipta setelah Thor dan Beta Ray Bill bertarung. Dalam pertarungan yang alot itu, Beta Ray berhasil memenangkan pertarungan. Oleh sebab itulah Odin ingin memberikan Mjolnir kepada Beta Ray karena dia dianggap pantas menggunakan senjata tersebut.

Tetapi, Beta Ray menolak menggunakan Mjolnir karena senjata itu lebih layak digunakan oleh Thor. Pada akhirnya, Odin yang sangat kagum dengan kebaikan Beta Ray memberikannya sebuah senjata baru yang berbentuk kapak, yang kemudian diberi nama Strombreaker. Di dalam Strombreaker, tersimpan sihir besar yang berasal dari Odin.

Karena itulah Strombreaker memiliki sifat yang mirip Mjolnir, di mana senjata ini hanya bisa digunakan oleh orang-orang tertentu yang dianggap layak. Sehingga tidak semua orang bisa mengangkat senjata ini. Selain Beta Ray Bill, tentu saja Thor juga mampu menggunakan senjata ini. Menariknya dalam komik, Skrull pernah membelah Strombreaker menjadi dua dan menciptakan senjata baru yang tak kalah dahsyat.

4 Uru Destroyer’s Arm

Setelah seorang villain mengerikan bernama Malekith berhasil memotong lengan Thor dan mengambil Jarnbjorn darinya, Thor merasa sangat terpuruk. Tanpa lengan, Thor merasa tidak berguna, dan sempat terbersit dipikirannya untuk berhenti menjadi superhero. Namun setelah kembali ke Asgard, Thor mendapatkan sebuah lengan baru yang terbuat dari bahan yang sama dengan Destroyer, yaitu logam Uru.

Berkat campuran logam Uru tersebut, lengan Thor berkali lipat lebih kuat. Bagaimana tidak? Logam Uru memang hampir tidak bisa dihancurkan, dan pada saat Thor kehilangan Mjolnir, lengan tersebut berfungsi dengan baik sebagai senjata pengganti untuk mengalahkan musuh-musuhnya. Lengan ini disebut sebagai Uru Destroyer’s Arm karena warna hitam pekatnya dan menyerupai lengan Destroyer.

Nah menariknya, karena Uru Destroyer’s Arm terbukti ampuh, di masa depan, Thor menggunakan logam Uru di seluruh armornya, agar dapat melindungi tubuh Thor dalam pertarungan. Nah dengan lengan Uru Destroyer’s Arm, sebenarnya membuat Thor mirip dengan Winter Soldier, yang tangannya juga terbuat dari logam.

3 Odinsword

Tidak diragukan lagi bahwa Odinsword adalah salah satu senjata terkuat yang pernah dimiliki oleh seorang Asgardian. Sesuai dengan namanya, Odinsword pertama kali digunakan oleh Odin. Namun kemudian senjata ini diwarisi kepada Thor, begitu dia naik status menjadi Allfather di masa depan. Meskipun Mjolnir sudah sangat mengesankan banyak orang, tetapi dibandingkan dengan sejarah dan kekuatan Odinsword, maka Mjolnir terlihat tidak ada apa-apanya.

Ketika Odin menggunakan pedang ini dan mengeluarkan kemampuan penuhnya, Odinsword bisa membuat sebuah planet terbelah. Galactus bahkan pernah menggambarkan bahwa ketika memakan Odinsword, maka itu seperti memakan energi yang berasal dari beberapa planet. Satu-satunya bahaya yang ditimbulkan dari Odinsword adalah bahwa senjata ini akan mengambil jatah hidup penggunanya.

Tetapi mengingat umur seorang Asgardian sangat lama, maka itu tidak terlalu berpengaruh. Dan jika Odinsword jatuh ke tangan yang salah, bukan tidak mungkin kiamat akan terjadi sehingga senjata ini tidak boleh jatuh ke tangan yang salah. Bentuk Odinsword memang tidak begitu spesial, tetapi kekuatan dahsyatnya tidak bisa dibendung.

2 Jarnbjorn

Jarnbjorn adalah senjata pertama yang pernah dimiliki oleh Thor Odinson. Thor memang sudah memegang banyak senjata, seperti pedang, kapak, palu selama bertahun-tahun, tetapi tidak ada senjata yang seikonik Jarnbjorn. Senjata ini dijuluki sebagai “penghancur dunia”. Saat menggunakan senjata ini dalam durasi panjang, Thor pernah menghadapi banyak musuh kuat, seperti En Sabah Nur atau yang lebih dikenal Apocalypse.

Apocalypse adalah mutan pertama yang pernah hidup dan kekuatannya sangat dahsyat. Pertarungan antara Apocalypse dan Thor pun berjalan epik, dan Jarnbjorn membuktikan seberapa kuat senjata itu saat pertarungan berlangsung. Selain pernah menghadapi Apocalypse, Thor juga pernah berhadapan dengan Celestial saat menggunakan Jarnbjorn. Thor mengaliri Jarnbjorn dengan sihirnya, dan dengan melakukan itu memberinya kekuatan seperi dewa untuk menembus tubuh Celestial.

Jarnbjorn memang akan dikenang sebagai senjata Thor yang paling ikonik, selain Mjolnir. Sayangnya, senjata ini sudah jarang dimunculkan dalam komik Thor yang terbaru. Senjata ini ditempa oleh para Dwarf dan memiliki ketajaman yang sangat tinggi. Karena itulah Jarnbjorn mampu memotong apapun.

1 Ultimate Mjolnir

Meski membawa embel-embel nama “Mjolnir”, tetapi yang harus dicatat bahwa Ultimate Mjolnir sebenarnya bukan Mjolnir sama sekali. Senjata ini muncul dalam komik The Ultimates, dan sebenarnya dibuat oleh manusia dengan menggunakan teknologi yang canggih. Alih-alih dibuat menggunakan sihir, Ultimate Mjolnir justru lahir dari sebuah perusahaan bernama European Defense Initiative. Karena dibuat dari mesin, Ultimate Mjolnir membutuhkan baterai berkapasitas besar untuk “menghidupkannya”.

Ultimate Mjolnir juga bisa digunakan oleh siapapun, sehingga orang-orang selain Thor sebenarnya dapat menggunakan senjata ini. Karena itulah banyak musuh yang membuat replika senjata ini, seperti yang pernah dilakukan Perun, seorang super soldier yang berasal dari Soviet. Dia memasakan palu dengan sabit yang sama kuatnya dengan Ultimate Mjolnir. Nah menariknya nih Geeks, beberapa tahun setelah Ultimate Mjolnir dibuat, muncul sebuah senjata baru yaitu Ultimate Mjolnir 2.

Kali ini, Ultimate Mjolnir 2 dibuat oleh Odin. Dan sama seperti Mjolnir asli, Ultimate Mjolnir juga memberikan kekuatan dahsyat bagi penggunanya. Bedanya, semua orang bisa menggunakan senjata ini, sehingga bukan hanya orang-orang yang dianggap worthy saja yang bisa menggunakannya. Senjata ini pernah juga digunakan oleh Volstagg, salah satu sekutu Thor.

Itulah dia Geeks beberapa senjata Thor selain Mjolnir yang pernah dia gunakan. Senjata-senjata tersebut masih sangat sakti dan pernah digunakan untuk mengalahkan banyak musuh. Meski Thor identik dengan Mjolnir, tetapi ternyata dia pernah mengganti senjata itu dengan yang lain.

Exit mobile version