Genre anime isekai, yang mengisahkan karakter yang dibawa ke dunia lain, telah menjadi salah satu genre paling populer dalam anime. Di tahun 2023 ini, ada banyak judul isekai yang menarik perhatian dengan cerita dan konsep yang unik. Berikut adalah 20 anime isekai terbaik yang tayang atau berlanjut di tahun 2023:

24Sword Art Online: Progressive

Sword Art Online: Progressive” memberikan pandangan yang lebih mendalam dan terperinci pada dunia Aincrad, di mana Kirito dan Asuna harus bertarung untuk bertahan hidup dalam game yang mematikan. Setiap lantai di Aincrad menawarkan tantangan baru dan unik, dengan monster, teka-teki, dan plot yang lebih rumit. Ini memberikan kesempatan bagi karakter untuk lebih berkembang dan menampilkan kemampuan serta strategi mereka dalam menghadapi tantangan yang lebih sulit.

Dalam seri ini, hubungan antara Kirito dan Asuna menjadi fokus yang lebih besar. Keduanya tidak hanya sekutu dalam pertempuran tetapi juga mengembangkan ikatan yang lebih dalam saat mereka bergantung satu sama lain untuk bertahan hidup. Seri ini mengeksplorasi dinamika hubungan mereka yang kompleks, menunjukkan pertumbuhan dan kedalaman emosional karakter. Dalam menghadapi rintangan dan misteri Aincrad, keduanya harus bekerja sama dan belajar satu sama lain.

“Sword Art Online: Progressive” juga menawarkan aksi yang lebih intens dan skenario yang lebih kompleks dibandingkan dengan seri aslinya. Penonton dibawa ke petualangan yang lebih detil di setiap lantai, dengan misteri dan konflik yang lebih mendalam. Pengembangan karakter, baik protagonis maupun antagonis, memberikan kedalaman baru pada cerita, menjadikannya salah satu anime isekai terbaik di tahun 2023.

Oky Handiman
Oky merupakan salah satu founder dari Greenscene, ia juga turut berperan sebagai Operational Director. Passionnya terhadap topik seputar pop culture membuat ia terkadang ikut coverage untuk beberapa pembahasan yang tengah hangat.