The Marvels menjadi film ketiga MCU yang rilis di tahun 2023. Film ini kembali membintangi Brie Larson sebagai karakter utama, Captain Marvel. Ini juga menjadi film solo kedua bagi karakternya di MCU, setelah film pertamanya rilis di tahun 2019. Captain Marvel tidak beraksi sendiri, karena dia juga ditemani beberapa karakter penting seperti Monica Rambeau dan Kamala Khan. Sayangnya, film ini gagal total di box office, karena hanya mampu meraup pendapatan total sekitar $100 juta saja di minggu pertama perilisannya.  Lantas apa yang jadi penyebab film ini mengalami kegagalan? Berikut alasannya Geeks!

3Superhero Fatigue

Rasanya ini menjadi masalah utama yang tak hanya dialami oleh Marvel Studios dengan MCU, tetapi juga dengan studio lainnya. Superhero fatigue atau kelelahan penonton akibat banyaknya film bertema superhero memang tidak terbantahkan. Di tahun ini, Marvel Studios merilis 3 film besar MCU, mulai dari Ant-Man and the Wasp: Quantumania, Guardians of the Galaxy Vol.3, dan terakhir adalah The Marvels. Sementara itu di pihak lain (DC Studios), mereka merilis berbagai film seperti Shazam Fury of the Gods, Blue Beetle, The Flash, dan yang akan rilis Aquaman and the Lost Kingdom.

Marvel Studios mungkin sedikit lebih beruntung ketimbang DC Studios, di mana film-film mereka tampil lebih baik di box office, karena mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi ketimbang DC Studios. Superhero Fatigue semakin diperparah dengan Marvel Studios yang terus membuat berbagai series MCU, yang masih berkaitan dengan film-filmnya. Di tahun ini saja, ada beberapa series MCU yang rilis, seperti Secret Ivasion, hingga Loki Season 2.

Ini belum termasuk dengan studio lain yang juga membuat tayangan-tayangan tentang superhero. Sekarang, orang-orang sudah mulai merasakan lelah atau muak dengan film-film superhero, dan penonton membutuhkan hal yang lebih segar, atau setidaknya beristirahat sejenak dari tayangan-tayangan superhero. The Marvels akhirnya menjadi “korban” baru dari superhero fatigue, sehingga kegagalannya di box office tidak terlalu mengejutkan.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/