Salah satu senjata dahsyat milik World Government, Mother Flame, kemungkinan adalah makhluk hidup yang bisa dikendalikan oleh penggunanya. Di chapter sebelumnya, kita melihat bagaimana Im Sama menggunakan sebuah senjata mengerikan bernama Mother Flame untuk menghancurkan kerajaan Lulusia. Masih belum diketahui apa alasan dia melakukan hal tersebut, namun kemungkinan Im tidak ingin Sabo mengetahui tentang keberadaanya. Yang menarik, terdapat teori jika Mother Flame kemungkinan terhubung dengan salah satu Senjata Kuno yaitu Uranus.

1Mother Flame Adalah Makhluk Hidup

Yang menarik adalah terdapat banyak spekulasi atau teori di kalangan fans yang menyebutkan jika Mother Flame kemungkinan memiliki peranan lain. Sehingga, selain menjadi sebuah senjata penghancur ada hal lain yang bisa Mother Flame lakukan seperti halnya Dials dalam cerita di Skypiea. Dan terdapat sebuah spekulasi menarik mengenai berbagai kemungkinan dari Mother Flame.

Menurut spekulasi tersebut, Mother Flame atau Flame itu sendiri memang cukup masuk akal karena 16 pilar yang muncul saat kerajaan Lulusia hancur nampak seperti api. Hal itu juga mungkin memiliki koneksi dengan “Eternal Flame” yang sempat Lillith sebutkan di chapter 1065. Selain penyebutan ‘Mother Flame’ ada juga yang menyebut sebagai ‘Mother Frame’ dan ada beberapa hal yang dianggap relevan dengan ‘frame.’

Pertama adalah struktur. Sehingga, Mother Frame kemungkinan adalah sebuah struktur yang melayang. Kedua, frame yang mengacu pada figura sebuah foto. Dalam cerita One Piece, kita sering melihat figur ibu dalam sebuah figura foto setelah mereka meninggal. Contohnya adalah Ratu Otohime, Ratu Titi, dan bahkan Mother Caramel. Dalam spekulasi ini, Mother Flame/Mother Frame kemungkinan adalah makhluk hidup yang bisa dikendalikan.

Dalam spekulasinya, Mother Flame dipercaya merupakan 16 naga yang kemudian bisa dikendalikan oleh penggunanya. Mengapa naga? Vegapunk diketahui berhasil untuk menciptakan kembali makhluk tersebut, seperti yang kita lihat di Punk Hazard. Ryuma juga pernah menghabisi seekor naga. Dan yang paling penting adalah naga merupakan sebuah simbol yang penting di mana kaum naga langit menggunakan nama “naga” untuk simbol dan nama mereka.

Terdapat juga spekulasi lainnya yang menyebutkan jika Mother Flame ini menirukan Senjata Kuno Uranus. Namun, pertanyaanya adalah apakah di masa lalu ada beda terbang yang sama dengan 16 naga yang dikendalikan oleh seseorang? Rasanya kecil kemungkinan hal itu terjadi. Dalam spekulasi ini dijelaskan jika Mother Frame/Mother Flame adalah tiruan dari kekuatan Uranus. Dalam hal ini, jika Poseidon adalah kekuatan untuk bisa mengendalikan para Sea Kings, maka Uranus adalah kekuatan untuk bisa mengendalikan para naga.

Jadi, kesimpulannya adalah Mother Flame merupakan sebuah alat ciptaan dari Vegapunk yang bisa membuat seseorang bisa mengendalikan naga. Caranya adalah dengan menirukan sistem kerja yang mirip dengan Senjata Kuno Uranus. Mother Flame kemungkinan berisi 16 ekor naga yang bisa dikendalikan oleh siapa pun penggunanya. Dan berbicara mengenai sosok yang bisa mengendalikan Mother Flame, Nami disebut-sebut akan mampu melakukannya.

Seperti yang kita ketahui, Nami mampu mengendalikan Zeus yang merupakan Homies dari Big Mom. Dia mampu merebut Zeus dari pemilik aslinya, karena Nami tahu bagaimana untuk mengendalikan Zeus dengan lebih baik. Ini juga yang mungkin akan terjadi kepada Nami dengan Mother Flame dan juga 16 naga yang jadi sumber utama kedahsyatan Mother Flame. Nami akan mampu mengendalikan mereka sesuai keinginan.

Seperri yang Geeks ketahui, hampir seluruh kru Topi Jerami akan memiliki kekuatan terbesar mereka sebagai puncak kekuatan dari karakter itu. Jika Luffy memiliki Gear 5 atau Gear 6, Sanji memiliki tubuh exoskleton, dan Zoro memiliki Conqueror Haki dan kemampuan pedang dahsyat, maka Nami akan memiliki kemampuan pengendalian yang luar biasa sebagai puncak kekuatannya. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Berikutnya
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.