Angkatan laut merupakan salah satu kekuatan besar dalam cerita One Piece dan mereka memiliki kekuatan buah iblis Logia terkuat. Buah iblis Logia merupakan salah satu jenis yang paling langka di dunia One Piece. Jumlah penggunanya sangat sedikit karena buah iblis jenis ini sangat sedikit. Inilah alasannya pengguna buah iblis Logia begitu ditakuti oleh banyak orang. Dan angkatan laut memiliki beberapa pemilik buah iblis Logia terkuat. Siapa saja?

4Moku Moku No Mi

Salah satu karakter angkatan laut yang pertama kali muncul di awal series One Piece, Smoker. Sosok Smoker pertama kali diperkenalkan dalam arc Logia, di mana dia berusaha untuk menangkap Luffy yang saat itu sudah mendapatkan nilai buruan pertamanya sebesar 30 juta Belly. Dan dalam momen ini juga, Smoker kemudian bertemu dengan Monkey D Dragon yang menyelamatkan anaknya tersebut.

Selain menjadi salah satu karakter angkatan laut yang pertama muncul di series One Piece, Smoker merupakan karakter angkatan laut pertama yang muncul dengan kekuatan buah iblis Logia. Smoker merupakan pengguna buah iblis Moku Moku no Mi atau Smoke Smoke Fruit, buah iblis berjenis Logia yang membuat penggunanya bisa mengendalikan atau berubah menjadi asap.

Moku Moku no Mi memang memiliki kemiripan dengan Gasu Gasu no Mi. Tetapi, meskipun Gasu Gasu no Mi dan Moku Moku no Mi memiliki efek yang sama, yang membedakannya adalah gas dan asap merupakan dua elemen yang berbeda. Singkatnya, di dalam asap terdapat gas, sedangkan di dalam gas tidak terdapat asap. Dengan kemampuan buah iblisnya ini pula, Smoker berhasil mengalahkan banyak sekali musuh. Luffy sendiri sempat kesulitan menghadapi Smoker. Jika bukan karena Dragon, mungkin Luffy sudah ditangkap angkatan laut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.