Peranan seorang sutradara dalam membuat film memang sangat penting. Karena sukses atau tidaknya sebuah film akan sangat bergantung dengan ketelitian dan kreativitas sang sutradara. Ada banyak sekali sutradara beken di dunia saat ini, sebut saja Christopher Nolan yang selalu sukses dengan film-film mind blowingnya. Selain itu adalagi sutradara seperti James Cameron yang selalu menawarkan visual yang luar biasa di setiap filmnya. Tetapi nih Geeks, ada beberapa sutradara yang justru terkenal karena film-film kontroversialnya. Sutradara dalam daftar ini memang sudah terkenal sering membuat film kontroversial. Siapa saja mereka?

6Bernado Bertolucci

Bernado Bertolucci terkenal sebagai sutradara yang sering memasukan elemen kekerasan dalam beberapa filmnya. Contoh paling nyata terjadi dalam film Last Tango in Paris. Film tersebut terkenal karena menampilkan kekerasan yang eksplisit. Faktanya sang bintang dalam film tersebut, Maria Schneider, mengaku terlecehkan ketika melakukan syuting film tersebut dan mengatakan bahwa Bertolucci sangat mengeskploitasinya karena tidak memberitahunya tentang adegan apa yang akan diambil.

Pada tahun 2013, Bertolucci pun baru mengakui bahwa dia merasa bersalah karena memperlakukan Schneider seperti itu. Bertolucci juga memiliki beberapa film kontroversial lainnya seperti Before the Revolution dan The Grim Reaper. Karena itulah dia sering dianggap sebagai sutradara yang sering membuat film kontroversial.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/