Jewelry Bonney kemungkinan besar adalah alasan dari Bartholomew Kuma pada akhirnya menerima jika dirinya dirubah jadi Pacifista. Para fans dari series One Piece akhirnya mendapatkan jawaban dari hubungan yang sangat dekat antara Kuma dan juga Bonney. Dalam arc Egghead, terungkap jika ternyata Kuma merupakan ayah dari Bonney. Yang menarik kemudian adalah pasca munculnya informasi spoiler untuk One Piece 1098 memunculkan teori tentang Bonney yang jadi alasan Kuma jadi Pacifista.

3Kuma Berubah Jadi Pacifista

Mantan Shichibukai dan juga bagian dari Pasukan Revolusi, Bartholomew Kuma adalah sosok yang misterius dan membuat para fans penasaran dengan sosok tersebut. Kuma sudah muncul sebelum timeskip di cerita One Piece terjadi. Dia sempat terlibat dalam beberapa momen, seperti di arc Thriller Bark atau ketika berada di Sabaody. Dialah yang kemudian menjadi penyebab timeskip terjadi di One Piece.

Ada banyak hal yang Kuma lakukan selama ini yang membuat para fans penasaran dan bingung. Contohnya adalah dengan menyelamatkan kru topi jerami dengan mengirim mereka ke sebuah tempat dan melindungi Thousand Sunny sampai mereka kembali. Banyak fans yang kemudian berspekulasi bahwa sebenarnya Kuma memiliki koneksi mendalam dengan Pasukan Revolusi, yang mana ternyata hal ini memang terbukti.

Masa lalu dari Kuma sendiri saat ini sedang menjadi sorotan, setelah Oda Sensei mengungkapkan fakta jika dia adalah bagian dari ras Buccaneer dan juga merupakan sosok cukup terkenal di kerajaan Sorbet. Namun, yang masih menjadi pertanyaan besar lainnya adalah mengapa dia mau menjadi subyek uji coba pihak World Government dan Vegapunk pada puluhan tahun lalu.

Seperti yang kita ketahui, Bartholomew Kuma memutuskan untuk menjadi bahan percobaan Vegapunk bagi proyek Pacifista. Vegapunk menggunakan bagian tubuh Kuma untuk jadi bahan penelitian. Mereka juga kemudian menggunakan tubuh asli Kuma untuk dirubah menjadi Pacifista seperti yang kita lihat selama ini. Banyak spekulasi bermunculan mengapa Kuma mau melakukan hal tersebut, salah satunya adalah sebagai bentuk pengorbanan demi menyelamatkan umat manusia.

Meskipun begitu, apa yang terjadi kepada Kuma benar-benar sangat mengerikan. Kuma kemudian menjadi budak mainan bagi para kaum naga langit. Kita melihat bagaimana para kaum naga langit tersebut memperlakukan budak-budak mereka dengan semena-mena, termasuk Kuma. Dalam arc Reverie, kita melihat bagaimana kondisi Kuma yang sangat menyedihkan di mana dia menjadi kendaraan bagi keluarga Saint Rosward.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.