Meskipun pihak Marvel Studios belum memberikan kepastian tentang Spider-Man 4, namun ada beberapa karakter villain yang bisa muncul di filmnya. Spider-Man menjadi salah satu karakter yang paling populer dan Marvel Studios sendiri sudah menghadirkan tiga film solo untuk karakternya. Kabar menyebutkan jika Marvel akan menghadirkan film keempat yang masih belum jelas kepastiannya. Meskipun begitu, ada beberapa karakter villain yang bisa jadi lawan selanjutnya di film Spider-Man 4. Siapa saja?

3Hobgoblin

Selain Venom, Hobgoblin juga menjadi salah satu villain yang dinantikan kemunculannya oleh para fans. Spekulasi mengenai kemunculan Hobgoblin sendiri muncul dan semakin meningkat di kalangan fans pasca beredarnya concept art dari karakternya yang tidak jadi digunakan di film Spider-Man: No Way Home. Dalam concept art tersebut nampak bagaimana Ned Leeds adalah sosok di balik topeng Hobgoblin.

Hobgoblin terlihat melemparkan bom labu milik Green Goblin saat dia menggunakan glider milik sang villain. Dalam cerita komiknya, Hobgoblin memang merupakan salah satu musuh bebuyutan dan mengerikan yang pernah Spider-Man hadapi. Ironisnya, sosok di balik Hobgoblin tidak lain adalah sahabatnya sendiri yaitu Ned Leeds. Ned dicuci otaknya oleh Hobgoblin bahwa dia adalah sosok villain yang sebenarnya.

Saat ini, akibat permintaan Peter Parker kepada Doctor Strange untuk membuat semua orang melupakannya berakibat pada MJ dan juga Ned yang tidak lagi mengenali siapa sebenarnya Peter. Ini tentunya bisa jadi momen bagi Hobgoblin yang asli untuk mencuci otak dari Ned Leeds dan meyakini jika dia adalah sosok villain tersebut seperti halnya di komik. Ini tentunya bisa jadi momen emosional bagi Peter.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.