Home MOVIE MOVIE FEATURES 5 Sutradara Spesialis Film Mind Blowing!

5 Sutradara Spesialis Film Mind Blowing!

Membuat sebuah film mind blowing memang tidak pernah mudah. Film mind blowing adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan film-film yang menghadirkan plot, konsep, atau twist cerita yang sangat mengejutkan, kompleks, atau tidak terduga. Karena itulah sang sutradara dan penulis dituntut untuk berimajinasi dan membuat filmnya menjadi seperti yang diharapkan. Di Hollywood, sebenarnya ada beberapa nama sutradara yang dikenal sebagai sutradara spesialis film mind blowing. Lantas siapa saja sutradara tersebut? Simak berikut ini Geeks!

5 Darren Aronofsky

Nama Darren Aronofsky mungkin cukup asing, karena dia memang masih tergolong “pendatang baru”, tak seperti senior-seniornya dalam daftar ini. Film pertamanya yang cukup mind blowing adalah Pi, yang rilis tahun 1998, di mana film tersebut menceritakan Maximillian Cohen, yang percaya bahwa angka menjadi dasar dari alam semesta. Selain itu, Aronofsky juga membuat film mind blowing lainnya seperti The Fountain, hingga Black Swan. Dan yang paling terbaru dan diingat oleh para penggemarnya adalah film Mother! yang rilis di tahun 2017.

Karya-karya Aronofsky sering kali mengeksplorasi tema-tema kompleks seperti obsesi, kecanduan, dan ketidakstabilan psikologis. Pada tahun 2011, Darren Aronofsky sempat masuk nominasi Oscar kategori Best Achievement in Directing dalam film Black Swan. Sayangnya dia gagal mendapatkan penghargaan tersebut.

4 Christopher Nolan

Siapa yang tak mengenal Christopher Nolan? Dia memang piawai dalam membuat film yang membuat otak penonton terus berpikir. Ada banyak film mind blowing yang pernah dia buat sepanjang kariernya, tetapi yang paling ikonik tentu saja Inception dan Interstellar. Inception menjadi film yang berfokus kepada konsep mimpi dalam mimpi, sementara Interstellar berfokus pada perjalanan kompleks untuk menyelamatkan umat manusia.

Sebenarnya masih banyak lagi film mindd blowing yang pernah dia buat seperti Tenet dan Memento. Hebatnya lagi, dia selalu berusaha membuat filmnya dibuat dengan efek praktis, dan jika sudah “mentok”, maka Nolan tak ragu untuk memasukan CGI. Selain menghadirkan film yang kompleks, biasanya karakter yang dihadirkan pun juga sama kompleksnya. Contohnya bisa kalian lihat dari karakter Joker di film The Dark Knight.

3 David Lynch

Sejak pertama kali muncul dengan film Eraserhead di tahun 1977, David Lynch sudah menunjukkan bahwa dia adalah sutradara yang jago dalam membuat film mind blowing. Setelah kesuksesan Eraserhead, Lynch kemudian menggarap film mind blowing lainnya seperti Twin Peaks: Fire Walk With Me, Mulholland Drive, hingga Inland Empire. Lynch memang terkenal selalu menambahkan adegan yang penuh misteri.

Selain itu, Lynch sering menghadirkan elemen surrealisme yang membingungkan dan mengajak penonton untuk memikirkan makna dari setiap adegan. Meski sudah banyak film besar dan mind blowing yang sudah dia sutradarai, tetapi Lynch sama sekali belum pernah mendapat Oscar. Dia hanya masuk nominasi Oscar berkat film The Elephent Man, Blue Velvet, dan Mulholland Drive. Sayangnya nih Geeks, sekarang Lynch jarang sekali menyutradarai sebuah film, karena film besar terakhirnya rilis di tahun 2014.

2 David Fincher

Fincher dikenal dengan gaya penyutradaraannya yang cerdas. Dia telah menyutradarai sejumlah film sukses dan mendapatkan banyak penghargaan sepanjang kariernya. Dia telah menyutradarai sejumlah film sukses dan mendapatkan banyak penghargaan sepanjang kariernya. Diapun juga sering didapuk untuk menggarap beberapa video music dari beberapa penyanyi terkenal seperti Madonna.

Salah satu karya terkenal Fincher adalah Se7en (1995), sebuah film thriller kriminal yang menggambarkan kejar-kejaran antara seorang detektif dan seorang pembunuh berantai. Dan tentu saja filmnya yang paling ikonik adalah Fight Club, The Game, dan Gone Girl. Dan tak lama lagi, kita akan disuguhkan dengan film terbaru dari Fincher yang memiliki judul The Killer, yang akan rilis tanggal 3 November ini di bioskop, sementara di Netflix film ini akan rilis pada tanggal 10 November.

1 Stanley Kubrick

Stanley Kubrick memulai karier sutradaranya di tahun 1950-an. Tidak diragukan lagi bahwa dia telah menyutradarai banyak film mind blowing semasa hidupnya. Dan salah satu karya terbesar Kubrick adalah 2001: A Space Odyssey, yang menampilkan luar biasa untuk sebuah film yang dibuat tahun 1968. Kubrick selanjutnya membuat lebih banyak lagi film mind blowing seperti A Clockwork Orange, The Shining, dan Eyes Wide Shut.

Sayangnya, Eyes Wide Shut menjadi film terakhir dari sang sutradara karena setelah itu Kubrick meninggal dunia di tanggal 7 Maret 1999 akibat serangan jantung. Nah Kubrick menjadi satu-satunya sutradara dalam daftar ini yang berhasil memenangkan Oscar, berkat film Barry Lyndon di mana dia menjadi Best Director. Kubrick memang dikenal sebagai sutradara perfeksionis yang keras di lokasi syuting. Tetapi dibalik itu, film-filmnya memang berkualitas.

Itulah dia Geeks beberapa sutradara yang dikenal sebagai sutradara spesialis film mind blowing. Film-film mereka memang dikenal selalu membuat penonton berpikir, dan membuat banyak perbincangan ketika dirilis. Di antara film-film tersebut, mana yang pernah kalian tonton sebelumnya?

Exit mobile version