Selain film-film James Bond, ada juga beberapa judul film bertema mata-mata lainnya yang memiliki rating tinggi dan memacu adrenalin. Franchise James Bond memang sudah sejak lama terkenal sebagai franchise film bertema mata-mata yang sering memengaruhi berbagai film lainnya. Namun, selain franchise James Bond, sebenarnya ada film-film mirip James Bond yang tidak kalah memacu adrenalin. Apa saja? Berikut adalah daftarnya.

7Tinker Taylor Soldier Spy

Film yang mirip James Bond pertama adalah Tinker Taylor Soldier Spy. Film garapan Thomas Alfredson ini berkisah tentang seorang mantan ahli spionase bernama George Smiley, yang karakternya diperankan oleh aktor senior Gary Oldman. Bersetting di era awal 1970an, Smiley memutuskan untuk pensiun sebagai ahli spionase setelah dia dan rekan-rekannya, harus gagal dalam sebuah misi di Budapest.

Kegagalan tersebut memaksa Smiley untuk keluar dan pensiun sebagai mata-mata. Namun, setelah cukup lama pensiun dia kembali dipanggil oleh pihak pemerintah Inggris untuk dimintai pertolongan. Pihak pemerintah Inggris menduga jika ada pengkhianat yang merupakan mata-mata bagi Uni Soviet di organisasi milik mereka, British Secret Service. Smiley pun kemudian setuju untuk mencari siapa pelakunya.

Para penonton akan melihat cerita yang intens juga atmosfer yang menegangkan yang terbungkus dengan baik. Penonton juga akan diajak untuk melihat cara mencari informasi yang seolah filmnya “mengajarkan” untuk menjadi seorang mata-mata. Banyak nama-nama besar yang ikut membintangi film ini yang membuat Tinker Taylor Soldier Spy bisa jadi salah satu alternatif film mata-mata selain James Bond.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.