Menghilangnya sosok Uchiha Sasuke dalam cerita Boruto kemungkinan dikarenakan tewas akibat sosok yang tidak terduga yaitu Borushiki. Nasib dari Uchiha Sasuke dalam cerita Boruto saat ini masih jadi misteri besar. Para fans pun banyak berspekulasi mengenai nasib dari Sasuke saat ini. Sebagian mengatakan jika Sasuke memutuskan untuk bersembunyi setelah apa yang dia lakukan terhadap Boruto yaitu melatihnya. Namun, ada juga yang berspekulasi jika Sasuke tewas. Dan yang menarik adalah terdapat spekulasi yang menyebutkan jika Sasuke tews akibat Borushiki.

2Borushiki Bunuh Sasuke

Jika kemudian Sasuke memang benar tewas dalam cerita Boruto di masa timeskip, pertanyaan besarnya kemudian siapa yang melakukannya? Muncul sebuah teori yang menarik jika sosok tidak terduga yang sudah bunuh Sasuke, yaitu Borushiki. Sebelum bertarung melawan Isshiki, Sasuke sempat mengatakan kepada Boruto untuk mempersiapkan diri.

Sasuke mengatakan bahwa dia siap untuk mati demi Konoha dan dia juga siap mengorbankan diri demi mencegah Boruto bergerak di luar kendali. Artinya Sasuke sudah siap untuk kemungkinan terburuk ketika dia harus bertarung menghadapi Code atau pun Borushiki. Dalam chapter sebelumnya, Sasuke sendiri mengatakan bahwa dia akan membantu Boruto demi menepati janjinya terhadap Sarada.

Bagaimana kemudian Borushiki bisa bunuh Sasuke saat timeskip? Dalam spekulasi ini, Sasuke kemungkinan tewas saat melatih Boruto. Meskipun Momoshiki memang tidak lagi bisa mengambil alih tubuh Boruto, namun bukan berarti dia sama sekali tidak bisa melakukannya. Boruto dan Momoshiki sendiri sekarang sudah hidup dalam satu tubuh, yang mana bukan mustahil jika Borushiki bisa kembali.

Untuk saat ini, memang kita tidak tahu seperti apa latihan yang Boruto lakukan saat timeskip. Namun, ada kemungkinan terdapat satu momen di mana Momoshiki kemudian berhasil mengambil alih tubuh Boruto akibat kelelahan atau karena pengaruh dari Momoshiki sendiri. Efeknya, Boruto pun menjadi hilang kendali seperti ketika menghadapi Code. Dan hal inilah yang membuat Sasuke akhirnya harus mengorbankan dirinya.

Dalam hal ini, Sasuke berusaha untuk menepati janjinya jika dia akan mengerahkan dan menyerahkan semuanya demi bisa menghentikan Boruto yang bertndak di luar kendali. Dan pada saat timeskip terjadi, hal yang tidak mereka inginkan pun akhirnya muncul. Bagaimana kemudian Borushiki bunuh Sasuke mungkin jadi alasan mengapa Boruto memutuskan untuk menggunakan seluruh benda milik mentornya tersebut.

Hal itu tidak lain demi menghormati apa yang sudah dia korbankan demi menghentikan Borushiki yang lepas kendali. Spekulasi ini juga yang mungkin bisa menjawab sikap dingin yang boruto perlihatkan disaat dia bertemu dengan Sarada. Boruto seolah merasa bersalah dan terbebani oleh apa yang dia lakukan, sehingga dia tidak mau melirik atau melihat Sarada dan hanya memintanya untuk bersiap.

Kematian Sasuke secara off-screen atau tidak muncul dalam cerita mungkin akan memancing kontroversi dan kemarahan para fans. Namun, Kishimoto Sensei bisa menghadirkan satu cerita kilas balik khusus yang memperlihatkan apa yang sebenarnya terjadi kepada Sasuke saat itu. Di sisi lain, secara narasi, kematian Sasuke ini juga bisa dianggap jadi lebih dramatis.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.