Terdapat perbedaan yang cukup mencolok dari transformasi Super Saiyan versi Dragon Ball Z alias DBZ dan Dragon Ball Super. Dalam franchise Dragon Ball karya Akira Toriyama, Super Saiyan merupakan sebuah transformasi yang ikonik. Bahkan, Super Saiyan sudah jadi “wajah” dari franchise Dragon Ball itu sendiri. Inilah alasan mengapa transformasi ini terus digunakan bahkan hingga series yang paling baru yaitu Dragon Ball Super. Berikut adalah perbedaan Super Saiyan versi Dragon Ball Z alias DBZ dengan Dragon Ball Super.

7Perubahan Warna Bola Mata

Salah satu ciri khas dari transformsi Super Saiyan adalah bagaimana penggunanya mengalami perubahan, terutama dari warna rambut dan gaya rambut. Misalnya, Super Saiyan 2 berbeda dengan Super Saiyan 3 dan begitu seterusnya. Yang juga berubah selain warna dan gaya rambut adalah warna bola mata. Dalam cerita Dragon Ball Z, pengguna Super Saiyan akan memiliki bola mata warna hijau.

Tetapi, dalam alur cerita Dragon Ball Super, Akira Toriyama memberikan perubahan besar terkait dengan perubahan warna bola mata ini. Perubahan tersebut akan berbeda dari masing-masing transformasi. Ketik Goku menggunakan transformasi Super Saiyan God, maka bola matanya akan berubah menjadi merah. Sedangkan, Super Saiyan Blue akan berubah menjadi biru. Ultra Instinct dan Ultra Ego merubah bola matanya menjadi perak dan abu-abu.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.