Meskipun sampai saat ini sering kali film layar lebar anime dipandang sebelah mata, beberapa film anime justru dianggap paling menguntungkan dengan pemasukan yang luar biasa. Industri anime memang semakin berkembang sangat pesat dalam beberapa dekade terakhir. Selain dari segi cerita, kualitas animasinya juga terus semakin meningkat dan hal ini juga yang membuat industri anime tidak mau ketinggalan untuk merilis film layar lebar. Beberapa film anime dianggap paling menguntungkan, karena jumlah pemasukan mereka yang sangat luar biasa besar. Berikut beberapa diantaranya.

8Ponyo

Studio Ghibli memang terkenal sebagai studio animasi yang sering menghadirkan film-film anime yang fenomenal, mampu meraih perhatian banyak orang, dan bisa dibilang everlasting atau masih dicintai hingga sekarang. Salah satu film anime paling menguntungkan dari Studio Ghibli tidak lain adalah Ponyo dengan total pemasukan dari seluruh dunia yaitu 204.8 juta Dollar Amerika atau sekitar 3,264 trillun Rupiah.

Secara premis, bisa dibilang Ponyo adalah film “remake” dari The Little Mermaid yang populer dengan sentuhan dan nuansa Jepang serta ciri khas dari Studio Ghibli. Kepopuleran dan kesuksesan dari Ponyo bahkan mampu melampaui beberapa judul populer lainnya seperti Princess Mononoke dan Kiki’s Delivery Service. Cerita dari Ponyo ini bahkan masih dicintai oleh para fans hingga sekarang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.